Hagia Sophia

31 May 2024

Manfaat Konsumsi Ceker Ayam, Bisa Jaga Berat Badan Agar Tetap Sehat

Foto: Ilustrasi ceker ayam (thethaiger.com/iStock)

Ceker ayam seringkali menjadi camilan atau pelengkap dari sebuah hidangan. Tak hanya disukai banyak orang, ternyata ceker ayam juga bermanfaat bagi kesehatan.

Ceker ayam mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin dan kolagen. Kolagen sendiri berkontribusi pada integritas dan fungsi berbagai sistem tubuh. Lantas, apa saja manfaat ceker ayam?

Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan

Ceker ayam mempunyai sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya baik untuk kekebalan tubuh, kulit, pencernaan, sendi, hingga kuku.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ceker ayam merupakan camilan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut laman Food and Home, hal ini berkat kandungan mineralnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, kandungan kolagen dan beberapa mineral seperti tembaga, magnesium, fosfor, seng, dan kalsium bermanfaat dalam mengatasi serangan penyakit. Sehingga, mengkonsumsi ceker ayam secara rutin bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

2. Meremajakan Kulit
Ceker ayam kaya akan kolagen yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan ini membantu kulit meregenerasi sel-selnya dan menjaganya dari bahaya. Dengan begitu, kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Adanya kolagen, sejumlah protein, dan albumin membuat ceker ayam mampu mempercepat penyembuhan luka dan membantu mengatasi kerusakan sel. Dengan manfaat tersebut, maka ceker ayam sangat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerang infeksi.

Kerusakan sel akibat infeksi akan lebih cepat teratasi. Tubuh pun lebih efektif dalam melawan serangan bakteri yang masuk.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan
Ceker ayam bisa dimasak dengan sup atau kuah kaldu. Semua nutrisinya seperti protein, kolagen, kondroitin, dan glukosamin akan larut ke dalam sup. Manfaat dari berbagai nutrisi tersebut sangat baik untuk pencernaan yang lebih sehat.

5. Mengurangi Nyeri Sendi
Kolagen juga bisa bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi. Menurut penelitian yang dikutip Healthline, kolagen bisa merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoartritis.

Osteoarthritis merupakan jenis radang sendi yang merusak tulang rawan. Sehingga tulang saling bergesekan satu sama lain dan menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kesulitan bergerak.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Ceker ayam disebut-sebut lebih banyak mengandung kolagen dibandingkan dengan dada ayam. Protein ini mampu menurunkan kadar renin plasma, sehingga tidak membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Ceker ayam juga mengandung potasium, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

7. Menjaga Berat Badan yang Sehat
Kandungan kolagen pada ceker ayam juga bisa membantu menjaga massa otot dan berat badan yang sehat. Tentu saja hal ini dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Kolagen memiliki profil asam amino yang membantu menekan nafsu makan. Mengkonsumsi ceker ayam mampu memberikan rasa kenyang yang lebih besar dibandingkan jenis protein lain dalam jumlah yang sama.

8. Meredakan Kecemasan
Kolagen mengandung sifat anti-kecemasan karena konsentrasi glisin yang tinggi. Mengutip laman The Ghana Report, glisin membantu mengatasi kecemasan karena merupakan neurotransmitter penghambat yang mendukung sistem saraf pusat. Kandungan ini menyeimbangkan kadar elektrolit dan membantu mengendalikan impuls saraf di seluruh tubuh.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur
Kandungan glisin pada ceker ayam tak hanya membantu mengatasi kecemasan, tapi juga meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikatakan dalam penelitian yang dilakukan oleh Japanese Society of Sleep Research. Glisin juga dapat mengurangi rasa kantuk dan kelelahan di siang hari untuk mereka yang mengalami insomnia, serta meningkatkan kinerja tugas yang melibatkan pengenalan memori.

10. Menjaga Kesehatan Kuku
Kesehatan kuku bisa dipengaruhi oleh penuaan, pola makan yang kurang baik, hingga seringnya penggunaan cat kuku. Jika kuku mudah patah dan terbelah, hal ini tanda bahwa kamu perlu meningkatkan kadar kolagen.

Arginin dalam kolagen merupakan salah satu asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku. Kandungan ini menghasilkan oksida nitrat yang membantu menjaga kesehatan kuku.

Dengan suplai darah yang tepat, kuku akan menerima semua nutrisi yang dibutuhkan sampai ke akarnya. Sehingga, arginin membantu meningkatkan tahap pertama pada pertumbuhan kuku.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Ceker Ayam, Bisa Menjaga Berat Badan yang Sehat"