Hagia Sophia

02 June 2024

Usai Dicium Orang Lain, Anak 8 Tahun Ini Kena Radang Otak Parah

Foto: Tangkapan layar YouTube Special Kids

Seorang anak berusia 8 tahun mengalami cedera otak setelah mulutnya dicium seseorang, saat ia berusia 2 hari.

Peristiwa memilukan itu terjadi pada Breelynn. Anak yang berusia 8 tahun itu lahir sebagai bayi yang sehat, namun ia mendadak mengalami kejang hanya dua minggu setelah mulutnya dicium.

Setelah ditelusuri, ternyata orang yang menciumnya itu mengidap penyakit flu sehingga memicu Breelynn terkena ensefalitis HSV atau infeksi HSV.

Mengutip dari situs Encephalitis International, ini terjadi ketika virus herpes simpleks atau herpes simplex virus (HSV) memasuki otak.

Karena sistem kekebalan tubuh Breelynn pada saat itu belum berkembang, virus tersebut kemudian menyebabkan kerusakan otak seiring dengan penyebaran ensefalitis.

"Breelynn lahir dengan sehat. Dia baik-baik saja. Dan pada usia dua hari, seseorang begitu senang melihatnya sehingga mereka mencium mulutnya, dan dua minggu kemudian dia mulai mengalami kejang," ungkap ibu Breelynn dalam sebuah video yang dibagikan ke saluran YouTube Special Books by Special Kids.

Kejang yang dialami Breelynn menyebabkan banyak kerusakan pada otaknya, serta memicu timbulnya herpes simplex encephalitis (HSE).

Penyakit ini sangat langka dan hanya menyerang satu dari 500.000 orang per tahun. Dilansir dari National Library of Medicine, meskipun penyakit ini merupakan kondisi yang jarang terjadi, jika tidak diobati angka kematiannya mencapai 70%, dan hanya sebagian kecil orang yang dapat pulih sepenuhnya.

Ibu Breelynn menjelaskan bagaimana ciuman itu menyebabkan cedera otak pada Breelynn. Awalnya infeksi HSV tersebut masuk ke dalam cairan otak dan menyerang otak Breelynn.

"Virus tersebut menyerang bagian kiri otaknya. Saat kami menyadarinya, virus mulai bergerak ke sisi kanan otak," terangnya saat diwawancarai pihak Special Books by Special Kids.

Ibu Breelyn mengungkapkan bahwa 60 persen otak bagian kiri anaknya sudah rusak, sedangkan otak bagian kanannya mengalami kerusakan 10 persen.

Meskipun kondisi Breelynn sudah mengalami peningkatan dari harapan awal, sayangnya mengingat kerusakan otaknya, ia diperkirakan tidak akan hidup sampai dewasa.

Sebab itu, ibu Breelynn memberikan peringatan tegas agar tidak boleh sembarangan mencium anak kecil, mengingat apa yang sudah terjadi pada putrinya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sedih, Anak Umur 8 Tahun Kena Radang Otak Parah usai Bibirnya Dicium Orang Asing"