Hagia Sophia

19 July 2024

Ini Manfaatnya Kompres dengan Es Batu Saat Messi Cedera Ankle

Lionel Messi. (Foto: REUTERS/Agustin Marcarian)

Viral penampakan pergelangan kaki Lionel Messi mengalami bengkak ketika menjalani laga Final Copa America 2024 melawan Kolombia. Pada pertandingan yang akhirnya dijuarai oleh Argentina tersebut, Messi harus ditarik dari lapangan karena cedera akibat cedera yang cukup serius tersebut.

Dalam salah satu video yang beredar, Messi nampak meringis kesakitan dan memberikan kompres es pada pergelangan kakinya yang membengkak. Sebenarnya apa sih kegunaan dari kompres es itu?

Spesialis ortopedi dr Fajar Mahda, SpOT(K), AIFO-K menjelaskan bahwa mengompres dingin pada area yang sakit merupakan salah satu bagian dari pertolongan cedera. Menurutnya, langkah itu penting dilakukan untuk mencegah bengkak membesar.

"Supaya nggak makin bengkak dia dikasih es batu. Supaya aliran darahnya juga berhenti," ucap dr Fajar dalam acara temu media di Jakarta Barat, Selasa (16/7/2024).

dr Fajar mengatakan bahwa kompres es memang sebaiknya dilakukan langsung setelah mengalami cedera. Kompres pada area cedera dapat dilakukan selama 30 menit sampai dengan 1 jam.

Apabila masyarakat mengalami cedera yang serupa, setelah kompres masyarakat bisa melakukan bebat pada bagian cedera dan mengistirahatkan kaki dengan diangkat ketika rebahan. Ia juga meminta masyarakat tidak memaksakan berolahraga apabila memang dirasakan rasa tidak nyaman pada kaki.

"Tujuan kompres es batu lainnya itu untuk menghilangkan peradangan ya. Supaya nyerinya juga mereda. Makanya kalau ada pertandingan tim medis suka siap-siap es batu. Kalau ada robek, perdarahannya bisa berhenti," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lionel Messi Kompres Es Batu saat Cedera Ankle, Ternyata Ini Fungsinya"