Hagia Sophia

07 July 2024

Waspadai Kanker Ovarium Bila Perut Bengkak Bagai Hamil 4-5 Bulan

Ilustrasi rumah sakit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Seorang mahasiswa di Liverpool, Inggris, bernama Mia Robins (21) menceritakan kisahnya memiliki tumor seukuran 'melon' di ovariumnya. Awalnya, dokter sempat mengira itu hanyalah infeksi saluran kemih saja. Bagaimana kisahnya?

Robins menceritakan bahwa kejadian itu berawal ketika ia menyelesaikan tahun pertamanya di Universitas. Ia mengalami rasa nyeri yang luar biasa hingga harus merangkak ke kamar mandi.

Gejala lain yang dialaminya termasuk kelelahan, penurunan berat badan, dan rambut rontok. Robins menceritakan bahwa dokter sempat beberapa kali melakukan diagnosis seperti alopecia, anemia, hingga infeksi urine.

"Aku kehilangan berat badanku dan menurunkan ukuran baju. Rambut saya mulai rontok. Saya perhatikan ada bagian di kepala belakang saya yang botak seukuran telapak tangan," cerita Robins dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/7/2024).

"Perut saya membengkak. Saya nampak seperti hamil empat atau lima bulan," sambungnya.

Kondisi tubuh Robins semakin memburuk. Pada 2022, ia akhirnya melakukan pemeriksaan USG dan tim dokter mendiagnosis kanker ovarium stadium satu. Robins yang pada saat itu masih berusia 19 tahun lantas menjalani operasi.

"Dokter bilang mereka sebenarnya menemukan kanker itu secara dini, tetapi ukurannya sudah sangat besar. Saya harus menjalani operasi darurat karena ukurannya sebesar melon dan itu terus berkembang," ceritanya.

"Saya sangat kesakitan karena tepat di atas kandung kemih saya menyebabkan saya sakit," sambung Robins.

Robins merasa bersyukur bahwa kankernya bisa ditemukan dalam kondisi stadium awal sehingga kemungkinan pulih jauh lebih tinggi.

Meski operasi kanker Robins sempat kembali pada Februari 2023 dan harus menjalani kemoterapi selama tiga bulan, di Agustus 2023 ia dinyatakan remisi dan harus melakukan pemindaian rutin untuk memastikan kankernya tidak kembali.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Wanita Perut Bengkak Bak Hamil 4-5 Bulan, Tahunya Kena Kanker Ovarium"