Hagia Sophia

01 September 2024

Misteri Dua Balok Batu yang Terpisah oleh Celah Tipis

Misteri Batu Al Naslaa di Arab Saudi, Terbelah Sempurna di Tengah Foto: Mail Online

Al Naslaa adalah formasi batuan di gurun barat laut Arab Saudi yang terdiri dari dua balok batu besar yang dipisahkan oleh celah setipis pensil yang misterius. Celahnya hampir lurus dan halus, membagi apa yang dulunya merupakan batu besar menjadi kembar simetris.

Formasi Al Naslaa memiliki tinggi sekitar 6 meter dan lebar 9 meter. Para ilmuwan tidak tahu bagaimana celah aneh antara dua blok terbentuk, tetapi tampaknya berasal dari alam, menurut Geology Science, sebuah situs web yang meliput berita dan tren dalam geologi.

Para peneliti telah mengusulkan beberapa teori untuk menjelaskan bagian tengah batuan, salah satunya menunjukkan bahwa celah itu terbuka sebagai akibat dari lempeng tektonik.

Para peneliti berpikir pergerakan mendadak kerak bumi mungkin telah bergeser dan membuat retak Al Naslaa. Blok-blok itu terbuat dari batu pasir, yang berarti batunya berlapis-lapis dan karenanya relatif rapuh. Tetapi sesuatu pasti telah memoles retakan, karena celah yang dihasilkan dari lempeng yang bergerak di bawah batu tidak mungkin menjadi begitu halus.

Para peneliti berpendapat selama ribuan tahun setelah batuan terbelah, angin dan air bekerja di dua bagian. Celah yang baru terbentuk mungkin telah menciptakan saluran untuk angin yang membawa pasir dan partikel abrasif lainnya yang secara bertahap mengikis kedua sisi batuan hingga sangat halus.

Al Naslaa Foto: Mail Online

Teori lain adalah bahwa celah terbentuk karena sambungan, yaitu ketika batu pecah secara alami tetapi tanpa dipindahkan secara langsung. Sambungan dapat dihasilkan dari tektonik regional - termasuk proses yang menekan kerak bumi untuk membentuk rantai pegunungan - atau dari pendinginan batuan, menurut Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich (ETHZ). Sambungan sering memecahkan batu di sepanjang garis lurus, tetapi seperti teori sebelumnya, erosi mungkin telah membantu menghaluskan celah.

Teori ketiga adalah bahwa Al Naslaa terbelah dua sebagai akibat dari pembekuan air dan retakan kecil yang meluas di batu. Retakan kecil ini mungkin akhirnya bergabung dan membuka celah lurus yang kita lihat hari ini. Dalam hal ini, Al Naslaa akan menjadi dua batu yang terpisah karena periode dingin berakhir ribuan atau jutaan tahun yang lalu, melelehkan air di celah.

Misteri batu Al Naslaa yang terbelah sempurna terus menjadi subjek penelitian dan diskusi di kalangan ilmuwan. Hingga kini, belum ada penjelasan yang pasti mengenai bagaimana batu Al Naslaa bisa terbelah dengan begitu sempurna. Namun, keindahan dan misteri batu ini terus memikat para peneliti dan wisatawan dari seluruh dunia, demikian dikutip dari Live Science.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Misteri Batu Al Naslaa di Arab Saudi, Terbelah Sempurna di Tengah"