Hagia Sophia

27 September 2024

Pemerintah Korsel Berikan Hadiah ke Pasangan yang Lahirkan Anak Kembar 5

Foto: ilustrasi/thinkstock

Presiden Yoon Suk Yeol mengirimkan hadiah ucapan selamat dan surat kepada orangtua bayi kembar lima yang baru lahir. Bayi kembar lima tersebut, dua perempuan dan tiga laki-laki - lahir pada hari Jumat dari orangtua yang bekerja di bidang pendidikan publik di Dongducheon, Provinsi Gyeonggi.

"Merupakan kebahagiaan semua orang bahwa sepasang bayi kembar lima, yang langka di dunia, lahir sehat di negara kita," tulis Yoon dalam surat yang disampaikan oleh sekretaris seniornya untuk masalah angka kelahiran rendah, You Hye-mi, kepada sang ayah, Kim Jun-young, di sebuah rumah sakit di Seoul dikutip dari Korea Times.

"Saya akan bekerja untuk memastikan Ibu, Ayah, dan kelima anak tersebut dapat bersama-sama menciptakan masa depan yang bahagia," sambungnya.

Hadiah tersebut terdiri dari pakaian dalam lima warna berbeda dan rumput laut, bahan yang sering digunakan untuk membuat sup bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Pasangan tersebut dan kelima anak mereka akan menerima berbagai bentuk dukungan pemerintah, termasuk bantuan keuangan untuk rumah tangga dan biaya pengobatan, beasiswa tambahan, dan pembebasan bunga untuk pinjaman uang sekolah.

Pemerintah akan memberi tunjangan dengan total 170 juta won atau sekitar hampir Rp 2 miliar. Pemerintah kota akan menyediakan voucher tunai senilai 15 juta won, yang dapat digunakan di toko mana pun di kota tersebut dengan penjualan tahunan kurang dari 1 miliar won.

Yoon mengatakan Korea Selatan berada dalam "darurat demografi nasional" karena populasinya yang menurun.

Tingkat kesuburan total di negara itu atau jumlah rata-rata anak yang diharapkan akan lahir dari seorang wanita selama hidupnya, mencapai rekor terendah sebesar 0,72 pada tahun 2023. Angka tersebut jauh di bawah 2,1 kelahiran per wanita yang dibutuhkan untuk mempertahankan populasi yang stabil.




































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Presiden Korsel Kirim Hadiah Buat Pasutri yang Lahirkan 5 Anak Kembar"