Hagia Sophia

06 October 2024

Gejala Kolesterol Tinggi Juga Bisa Muncul di Kaki

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Staras)

Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang umum, namun bisa menjadi bahaya apabila tidak dikelola dengan baik. Kondisi ini seringkali tidak terdeteksi hingga akhirnya berisiko menyebabkan komplikasi serius.

Kolesterol yang ada di dalam tubuh dibagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik atau High-Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low-Density Lipoprotein (LDL). Kolesterol jahat bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan jantung.

Meski tak memicu gejala yang signifikan, kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu dampak pada tubuh. Salah satunya bisa terlihat di kaki. Begini ciri-cirinya.

1. Nyeri pada Kaki saat Aktivitas Fisik
Rasa nyeri pada kaki ketika beraktivitas fisik, atau klaudikasio, bisa menjadi tanda kolesterol tinggi di dalam tubuh. Dikutip dari Redcliffe Labs kondisi ini dapat terjadi ketika arteri menyempit atau tersumbat membatasi aliran darah ke otot-otot kaki.

Akibatnya, otot-otot tidak menerima oksigen dan nutrisi yang cukup untuk berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman. Nyeri biasanya akan berhenti setelah aktivitas dihentikan dan otot diberi kesempatan untuk beristirahat.

2. Rasa Berat dan Lelah pada Kaki
Sensasi berat atau lelah pada kaki juga bisa menjadi salah satu indikasi masalah kolesterol tinggi. Perasaan ini sering digambarkan sebagai kelelahan, kelemahan, atau beban berat yang membebani kaki.

Sensasi yang dirasakan dapat membuat seseorang mengalami kesulitan saat beraktivitas sehari-hari. Kondisi ini seringkali memburuk saat berdiri atau jalan dalam waktu yang lama.

3. Kaki Dingin atau Mati Rasa
Kaki mengalami sensasi dingin tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu tanda ada masalah pada kadar kolesterol dalam tubuh. Penting untuk memperhatikan gejala ini dan pertimbangkan pemeriksaan tes darah untuk mengetahui penyebab sesungguhnya berkaitan dengan kolesterol atau tidak.

4. Kaki Sering Kram
Kram kaki yang sering terjadi juga bisa menjadi tanda ada masalah kolesterol pada tubuh. Umumnya kram kerap dikaitkan dengan kondisi kelelahan otot atau dehidrasi. Namun dalam beberapa kasus, kram kaki juga dapat dikaitkan dengan sirkulasi darah yang buruk akibat peningkatan kolesterol.

Penting untuk memperhatikan frekuensi kram kaki yang berulang. Pergi ke rumah sakit untuk mencari saran medis dan mengetahui penyebabnya secara pasti.

5. Susah Berjalan
Kelemahan yang terjadi pada kaki hingga mengalami sulit berjalan bisa menjadi salah satu tanda masalah kolesterol tinggi. Ketika kolesterol menumpuk di arteri, aliran darah dan suplai oksigen ke otot mulai terbatas dan menyebabkan kelemahan dan sulit berjalan.

6. Perubahan Warna Kulit
Masalah kolesterol tinggi juga dapat dilihat dari perubahan warna kulit. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan terbentuknya endapan kecil berwarna kekuningan yang dikenal sebagai xanthoma.

Kondisi tersebut mungkin dapat muncul di bawah kulit. Endapan tersebut tidak hanya dapat muncul di kaki, tapi juga bisa di kelopak mata, telapak tangan, dan tendon. Kulit akan berubah warna menjadi kekuningan atau pucat.

7. Luka Sulit Sembuh
Apabila proses penyembuhan luka menjadi terhambat, maka ini bisa menjadi tanda sirkulasi darah yang tidak memadai. Kondisi ini bisa disebabkan oleh masalah kolesterol tinggi.

Segera periksakan ke dokter apakah itu memang berkaitan dengan kondisi kolesterol tinggi atau tidak. Dalam beberapa kasus lain, luka sulit sembuh juga dapat disebabkan oleh diabetes.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspadai Sederet Gejala Kolesterol Tinggi yang Bisa Muncul di Kaki"