Hagia Sophia

05 June 2024

Berbagai Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan, Antara Lain BB Bisa Turun

Beras merah yang baik untuk diet. Foto: shutterstock

Beras merah dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang kaya akan manfaat. Di tengah tren gaya hidup sehat, beras merah semakin populer dengan sebab kandungan nutrisinya.

Nutrisi utamanya adalah antosianin, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan dan memberi warna merah pada beras ini. Kamu bisa mendapat banyak manfaat dari mengkonsumsi beras merah. Apa saja?

Manfaat Beras Merah

Mengonsumsi nasi putih seringkali dikaitkan dengan penambahan berat badan, sehingga ada orang-orang yang mengurangi bahkan menghindarinya. Kamu bisa makan beras merah untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan tersebut. Simak berbagai manfaat beras merah selengkapnya berikut ini

1. Baik untuk Penderita Diabetes
Pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tidak terkontrol bisa merusak mata, ginjal, hingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Menurut laman Health Shots, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mampu membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Beras merah sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

2. Membantu Mengendalikan Asma
Kaya akan magnesium, beras merah bisa membantu mengatur pola pernapasan secara normal. Menurut laman Star Health, mengkonsumsi nasi merah dengan teratur bisa membantu mengatasi masalah asma dan memperbaiki pola pernapasan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Beras merah mengandung kalsium dan magnesium. Kedua nutrisi ini begitu penting untuk kesehatan tulang dan mencegah radang sendi, osteoporosis, serta penyakit tulang lainnya.

4. Melancarkan Pencernaan
Beras merah merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik. Artinya, jenis beras ini bisa melancarkan buang air besar dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat bisa bermanfaat untuk mengatasi diare dan juga sembelit.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Nasi merah bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama. Tak heran jika mengonsumsinya sangat baik untuk kamu yang mau menurunkan berat badan.

Nasi merah memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan ideal untuk dikonsumsi pada siang dan malam hari. Makan nasi merah di malam hari tidak menyebabkan penambahan berat badan sebab kandungan protein dan seratnya.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Beras merah mengandung antosianin yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan dapat berperan dalam menjaga kulit tetap lembut dan kenyal, serta membantu memproduksi sel darah merah yang menjaga kesehatan kulit.

Mengkonsumsi nasi merah bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, nutrisi lain dalam beras merah, seperti zat besi dan folat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
Mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol bisa memicu penyakit jantung. Biji-bijian dalam nasi merah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Saat kadar kolesterol jahat menurun, penyumbatan di sekitar arteri jantung pun berkurang.

8. Kaya Zat Besi
Beras merah kaya akan zat besi, sehingga orang-orang yang kekurangan zat besi bisa mengonsumsinya secara rutin. Beras ini dapat mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah.

Wanita membutuhkan 18 mg zat besi, sementara pria membutuhkan 8 mg setiap harinya. 1/4 cangkir dari beras merah bisa memenuhi 2 persen dari kebutuhan zat besi harian. Zat besi juga bisa membantu menangkal segala jenis infeksi yang menyerang tubuh.

Kandungan Beras Merah

Beras merah padat akan nutrisi. Menurut Pharmeasy, berikut adalah nilai gizi untuk 100 gram beras merah:
  • Energi: 356 KKal
  • Protein: 8,89 gr
  • Besi: 1,11 mg
  • Kalium: 156 mg
  • Serat: 11,10 gr
  • Lemak: 3,33 gram
  • Sodium: 67 mg
  • Seng: 30 mg.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!"