Hagia Sophia

05 June 2024

Rodri: Italia Kandidat Juara Piala Eropa 2024

Foto: Getty Images/Jonathan Moscrop

Spanyol menyadari masuk grup sulit di Piala Eropa 2024. Kroasia akan rumit, sementara Italia dianggap salah satu kandidat juara.

Spanyol tergabung di Grup B pada Euro 2024, yang berlangsung 14 Juni-14 Juli mendatang. La Furia Roja akan bersaing dengan Kroasia, Italia, dan Albania di sana.

Kroasia punya riwayat merepotkan. Kendati hanya sampai babak 16 besar pada dua edisi terakhir, mereka adalah runner-up dan peringkat ketiga pada dua Piala Dunia teranyar.

Sebaliknya, Italia absen di dua Piala Dunia terbaru. Namun mereka adalah juara bertahan Piala Eropa.

"Ini akan sangat berat. Kami menghadapi Kroasia di Euro dan Nations League, dan mereka adalah lawan yang rumit. Albania juga harus dihormati. Saya ulangi, ini akan berat," kata gelandang timnas Spanyol Rodri.

"Pada edisi terakhir Euro, kami mencapai semifinal tapi kalah adu penalti dari kalian (Italia), yang pada akhirnya memenangi trofi. Setahun lalu, kami sedikit membalas di Nations League, mengalahkan Azzurri di semifinal," ujarnya kepada La Gazzetta dello Sport, dikutip Football Italia.

Rodri melihat Italia mengalami pasang-surut dalam beberapa tahun terakhir. Tapi Gli Azzurri tetaplah Gli Azzurri, tak pernah bisa dianggap enteng di turnamen besar.

"Italia sudah mengalami naik-turun selama beberapa tahun terakhir. Kalian tak lolos Piala Dunia dua kali, tapi memenangi Euro. Italia tetaplah tim yang kompetitif," sambungnya.

"Pelatihnya ganti, memang begitu, tapi karakteristik timnya sama. Solid dan kompetitif."

"Ini adalah tim yang biasanya tak mencetak banyak gol, tapi tetap harus dihormati. Saya rasa Italia masuk kandidat juara. Mungkin kami bukan favorit, tapi kami tahu bisa mencapai mana, dan kami ke Jerman untuk selangkah lebih dekat ke puncak," imbuh pemain Manchester City ini.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Rodri Sebut Italia Kandidat Juara Piala Eropa 2024"