Hagia Sophia

09 June 2024

Ini Karakteristik Flu Burung H5N2 yang Akibatkan Kematian Pertama di Dunia

Foto: iStock

Belakangan geger laporan pria meninggal pasca terkena flu burung dengan strain H5N2, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ini adalah kali pertama kematian akibat strain tersebut dilaporkan pada manusia.

Sejauh ini, tidak ada infeksi dan kasus serupa yang dilaporkan pasca kematian pria di Meksiko itu. Aspen Hammond, seorang petugas teknis di program influenza global Badan Kesehatan PBB menyebut karakteristik virus H5N2 masih didalami melalui whole genome sequencing di laboratorium.

"Karakterisasi virus ini masih berlangsung dan data sequence genetik harus segera tersedia," kata Hammond dalam webinar belum lama ini, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (7/6/2024).

"Virus H5N2 telah terdeteksi sejak lama pada burung."

Pria berusia 59 tahun tersebut meninggal setelah mengeluhkan demam, sesak napas, diare dan mual, tidak ada riwayat paparan unggas atau hewan lain dan beberapa kondisi medis yang mendasarinya, menurut pejabat kesehatan setempat dalam sebuah pernyataan.

Warga negara bagian Meksiko tersebut, semula dirawat di rumah sakit pada 24 April di Mexico City dan meninggal pada hari yang sama, kata pernyataan itu.

"Itu adalah kasus infeksi manusia yang dikonfirmasi dengan laboratorium pertama dengan virus influenza A (H5N2) yang dilaporkan secara global," kata WHO.

Risiko Rendah

Kementerian kesehatan Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa korban memiliki riwayat penyakit ginjal kronis, diabetes tipe 2, (dan) hipertensi arteri sistemik lama.

"Tidak ada risiko penularan untuk populasi," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa semua sampel dari kontak erat yang diidentifikasi terhadap pasien, negatif.

Pihak berwenang memantau pertanian di dekat rumah korban dan telah mendirikan sistem pemantauan permanen untuk mendeteksi kasus-kasus lain di satwa liar di daerah tersebut.

Otoritas kesehatan Meksiko melaporkan kasus yang dikonfirmasi kepada WHO pada 23 Mei setelah melakukan tes laboratorium.

Sumber paparan virus saat ini tidak diketahui. WHO mengatakan meskipun kasus H5N2 telah dilaporkan dalam unggas di Meksiko, berdasarkan informasi yang tersedia, risiko terhadap populasi umum atau manusia adalah rendah.

Varian yang berbeda dari flu burung, H5N1, telah menyebar selama berminggu-minggu di antara ternak sapi perah di Amerika Serikat, dengan sejumlah kecil kasus yang dilaporkan di antara manusia.

Tetapi tidak satu pun dari mereka adalah infeksi manusia-ke-manusia, dengan penyakit ini malah melompat dari ternak ke orang-orang, kata pihak berwenang.

Tidak ada vaksin khusus untuk mencegah infeksi dari virus influenza unggas. Namun, vaksin kandidat telah dikembangkan sebagai bagian dari kesiapsiagaan pandemi.

WHO menunjukkan bahwa mereka telah menyimpulkan perjanjian dengan 15 produsen vaksin untuk memiliki akses real-time ke sekitar 10 persen dari produksi vaksin di masa depan jika terjadi pandemi flu burung.

Dosis akan didistribusikan ke negara-negara berdasarkan risiko dan kebutuhan kesehatan masyarakat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "WHO Bicara Karakteristik Flu Burung H5N2 yang Picu Kematian Pertama di Dunia pada Manusia"