Hagia Sophia

03 July 2024

Diogo Costa Penjaga Gawang Andalan Portugal

Diogo Costa senjata rahasia Portugal di Euro 2024 (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Portugal memang punya banyak pemain berkualitas di lini serangnya. Tapi, Selecao Das Quinas juga punya senjata rahasia di bawah mistar, bernama Diogo Costa.

Portugal tak pernah kekurangan pemain top di lini tengah dan depan, baik itu yang level senior maupun junior. Begitulah yang terlihat di skuad Portugal yang dibawa Roberto Martinez ke Euro 2024.

Bruno Fernandes, Joao Palhinha, Ruben Neves, dan Danilo masih jadi andalan, dibantu para pemain muda seperti Joao Neves. Lalu, di lini serang selain kapten Cristiano Ronaldo, Portugal juga punya Diogo Jota, Rafael Leao, Joao Felix, dan Goncalo Ramos.

Barisan pemain top itu pula yang membawa Portugal bisa melaju ke Babak 16 Besar Euro 2024 menghadapi Slovenia, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB. Tapi, Portugal malah kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan Slovenia.

Bahkan ketika mendapat peluang emas di perpanjangan waktu, Portugal gagal memaksimalkan karena penalti Ronaldo ditepis Jan Oblak. Laga harus dituntaskan dengan adu penalti.

Di sinilah Portugal mengeluarkan "senjata rahasia" bernama Diogo Costa. Kiper FC Porto itu jadi bintang dengan menepis tiga penalti Slovenia sehingga Portugal lolos ke perempatfinal dengan kemenangan 3-0.

Portugal juga nyaris kebobolan di babak tambahan andaikan Costa tidak menepis sepakan jarak dekat Benjamin Sesko. Costa pun dinobatkan sebagai man of the match.

"Rahasia Portugal adalah Diogo Costa, dia adalah rahasia terpendam di sepakbola Eropa. Hari ini dia tampil di level berbeda, dia luar biasa dalam situasi satu lawan satu, dan dia harus fokus serta tampil mantap untuk menyelamatkan tiga penalti beruntun di babak tos-tosan. Kami harus bangga dengannya," ujar Martinez di situs resmi UEFA.

Diogo Costa yang sudah punya 26 caps itu akan jadi andalan Portugal kala bertemu Prancis di perempatfinal.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Diogo Costa Senjata Rahasia Portugal"