Hagia Sophia

03 July 2024

Euro 2024: Austria Kalah dari Turki 1-2

Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

Turki lolos ke perempatfinal Euro 2024 usai menang 2-1 atas Austria. Dua gol dari Merih Demiral hanya mampu dibalas satu kali oleh Austria.

Duel Austria vs Turki di babak 16 besar Euro 2024 digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB. Turki menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Kedua tim mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Turki sudah membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan satu menit.

Berawal dari tendangan sudut, pemain Austria nyaris menciptakan gol bunuh diri dan bola dihalau oleh Pentz di garis gawang. Namun, bola yang ditepis Pentz jatuh ke kaki Merih Demiral yang kemudian menyambarnya ke gawang.

Austria langsung merespons. Mereka mendapat peluang lewat sepak pojok. Baumgartner gagal menyambar bola meski berada di depan gawang sementara Demiral menghalaunya.

Austria kembali dapat tendangan sudut. Namun kali ini sundulan Lienhart masih melambung di atas gawang Turki.

Tendangan sudut kembali jadi senjata Turki. Mereka nyaris menambah gol lewat skema ini, tapi sundulan Demiral masih belum tepat sasaran.

Austria mendapatkan peluang di akhir babak pertama. Namun sepakan Baumgartner yang menuntaskan umpan dari sisi kanan masih melebar dari gawang.

Memasuki babak kedua, Austria langsung memberikan tekanan. Austria mendapat peluang bagus usai Arnautovic menerima umpan terobosan dan tinggal berhadapan dengan kiper Turki Mert Gunok. Gunok dengan cepat menutup ruang tembak Arnautovic dan memblok tendangan penyerang Austria itu.

Gol! Turki menggandakan keunggulan pada menit ke-59. Demiral kembali memanfaatkan sepak pojok untuk menjebol gawang Austria. Kali ini ia menanduk bola tendangan sudut dari Arda Guler.

Austria menipiskan ketertinggalan pada menit ke-66 lewat Michael Gregoritsch. Berawal dari sepak pojok, bola disundul Posch dan Gregoritsch yang berdiri tak terkawal di tiang jauh kemudian melesakkan bola ke gawang.

Sampai laga usai, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Turki lolos ke perempatfinal Euro 2024 untuk menantang Belanda.

Susunan Pemain

Austria: Pentz, Posch, Danso, Lienhart (Wober 64'), Mwene (Prass 46'), Seiwald, Sabitzer, Laimer (Grillitsch 64'), Baumgartner, Schmid (Gregoritsch 46'), Arnautovic

Turki: Gunok, Muldur, Bardakci, Demiral, Bardakci, Ayhan, Yuksek (Ozcan 58'), Yildiz (Akturkoglu 78'), Yilmaz, Kokcu, Guler (Yokuslu 78')


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Austria Vs Turki: Menang 2-1, Arda Guler dkk. Lolos ke Perempatfinal"