Hagia Sophia

03 July 2024

Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu Penuaan Dini

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Penuaan adalah proses alami yang terjadi seiring pertambahan usia. Meskipun begitu, tanda-tanda penuaan juga bisa muncul pada orang yang masih berusia muda.

Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan penuaan dini atau premature aging. Penuaan dini dapat membuat seseorang memiliki penampilan fisik yang jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

Lantas, apa saja faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Ruri Diah Pamela, SpKK, mengungkapkan ada tiga faktor utama penyebab penuaan dini, yakni paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dan stres.

"Yang pertama adalah sinar matahari. Sinar matahari sebenarnya penyebab penuaan nomor satu," ujar dr Ruri dikutip dari 20detik, Senin (1/7/2024).

Sinar matahari disebutnya memang punya banyak manfaat. Namun, bagi kulit, sinar matahari di waktu-waktu tertentu justru bisa menjadi musuh nomor satu.

"Apalagi kita tinggal di Indonesia yang mataharinya ada terus sepanjang tahun," ucapnya.

Dikutip dari laman US Environmental Protection Agency (EPA), sinar matahari yang paling berbahaya untuk kulit adalah sekitar pukul 10.00 pagi hingga 16.00. Pasalnya, hampir setengah dari total radiasi ultraviolet B (UVB) diterima antara waktu tersebut. UVB inilah yang dapat menyebabkan penuaan kulit, kulit terbakar, hingga kanker kulit.

Selain paparan sinar matahari, kebiasaan merokok juga merupakan salah satu faktor utama yang memicu munculnya tanda penuaan dini.

"Itu sudah banyak penelitiannya, orang yang terbiasa merokok itu tanda-tanda penuaannya itu munculnya dua kali lebih cepat," kata dr Ruri.

Faktor ketiga terkait dengan psikologis. dr Ruri mengatakan orang yang tidak bisa mengelola stres dengan baik juga rentan mengalami penuaan dini.

"Jika nggak bisa mengelola stres dengan baik, maka waktu tidur mereka juga berkurang. Itu juga memicu muncul tanda-tanda penuaan yang kelihatan banget," ucapnya.

"Orang-orang yang nggak bisa ngelola waktunya untuk istirahat dengan baik, ngelola stres, itu kelihatan sekali di penampilan kulitnya," tandas dr Ruri.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Kebiasaan Sepele yang Sering Diabaikan Ini Ternyata Picu Penuaan Dini"