Hagia Sophia

01 August 2024

Benarkah Kopi Bisa Pengaruhi Kesuburan Wanita?

Ilustrasi minum kopi (Foto: Ilustrasi iStock)

Minum kopi sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun ada anggapan yang menyatakan bahwa kafein atau kandungan di dalam kopi bisa mengurangi kesuburan.

Padahal, bagi sebagian orang, rasanya tidak lengkap jika belum meneguk segelas kopi berkafein di pagi hari atau sebelum memulai hari. Bagaimana faktanya?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Ulul Albab SpOG, mengatakan kopi yang tak ditambahkan bahan apapun umumnya tidak menurunkan kesuburan pada wanita. Sebab kesuburan pada wanita dapat terganggu akibat banyak faktor, salah satunya hormonal.

"Sebenarnya kopi bikin wanita nggak subur nggak juga, karena kesuburan wanita itu banyak faktor," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2024).

Selain faktor hormonal, dr Ulul menyebut pola hidup yang tak sehat atau lifestyle seperti merokok dan kegemukan justru dapat memengaruhi kesuburan wanita.

"Sebenarnya prinsipnya begini kesuburan kan tergantung dengan lifestyle juga kalau seandainya terlalu gemuk, haidnya nggak teratur, nggak ada telur yang keluar ya pastinya nggak subur kan nih jadi ya memang lifestyle," lanjutnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Kopi Bisa Memengaruhi Kesuburan Wanita? Dokter Bilang Gini"