Hagia Sophia

20 May 2024

Liga Inggris: Arsenal Kalahkan Everton 2-1, The Gunners Gagal Juara

Foto: Getty Images/Julian Finney

Arsenal comeback untuk menang 2-1 melawan Everton. Namun, kemenangan ini tak cukup membawa mereka juara karena Manchester City menang lawan West Ham United.

Arsenal menjamu Everton pada pekan terakhir Premier League 2023/2024 di Emirates Stadium, Minggu (19/5/2024). Tim tamu mampu memimpin lebih dulu berkat gol Idrissa Gueye pada menit ke-40.

Meriam London bisa langsung membalas melalui Takehiro Tomiyasu di menit ke-43. Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.

Arsenal mengurung lini pertahanan Everton di babak kedua. Tuan rumah bisa berbalik memimpin usai Kai Havertz bikin gol di menit ke-89.

The Gunners menang 2-1. Namun, kemenangan ini tak cukup membawa Arsenal juara. Pasalnya pada saat yang bersamaan, Manchester City menang 3-1 atas West Ham United.

Manchester City juara dengan raihan dengan 91 angka. Mereka unggul dua poin dari Arsenal di urutan kedua.

Jalannya Pertandingan

The Gunners masih terlibat persaingan gelar dengan Manchester City yang di saat bersamaan melawan West Ham United. Arsenal langsung tampil menekan di awal laga.

Mereka punya peluang saat laga baru berjalan tiga menit. Takehiro Tomiyasu yang membantu serangan bisa menanduk bola umpan silang. Sundulannya tapi belum berbuah hasil karena melebar.

Arsenal terus menggempur Everton. The Toffes merespon dengan bermain rapat saat bertahan.

Jarrad Branthwaite membuat kesalahan yang hampir berakibat fatal di menit ke-11. Umpannya bisa dipotong oleh Kai Havertz bola lalu jatuh di kaki Declan Rice. Sepakan Rice justru lemah hingga mudah diamankan oleh Jordan Pickford.

Pickford kembali bikin penyelamatan di menit ke-15. Kali ini, ia bisa mencegah Seamus Coleman bikin gol bunuh diri. Pickford menepis bola umpan Martin Odegaard yang berbelok arah usai mengenai Coleman.

Everton bisa mencuri kesempatan di menit ke-31 lewat serangan balik cepat. Dominic Calvert-Lewin menusuk sebelum melepas sepakan mendatar. Arsenal selamat dari kebobolan setalah tembakan Calvert-Lewin masih menerpa tiang. Bola muntah yang kembali disambar Calvert-Lewin juga melebar.

Gol!!! Everton bisa membobol gawang Arsenal di menit ke-40. Tendangan bebas Idrissa Gueye membentur Rice yang menjadi pagar betis. Bola yang berbelok arah bikin David Raya mati langkah hingga bersarang ke gawangnya.

Gol!!! Arsenal merespon dengan baik gol Everton. Umpan tarik Odegaard dari sisi kanan bisa disambar Tomiyasu untuk memperdayai Pickford di menit ke-43.

Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.

Selepas jeda, Arsenal masih dominan. Namun, mereka kesulitan membongkar disiplinnya lini belakang Everton.

Tim tamu tetap menebar ancaman lewat serangan balik di menit ke-62. Calvert-Lewin menusuk dari sisi kiri sebelum melepas sepakan melengkung. Raya sigap mengantisipasinya dengan terbang menepis bola.

Pada menit ke-66, Havertz nyaris membawa Arsenal balik memimpin. Ia mampu menyundul bola umpan silang Gabriel Martinelli di depan gawang. Gol urung tercipta karena bola menerpa tiang gawang.

Arsenal kembali membuang-buang peluang. Odegaard punya ruang di depan gawang. Sepakannya justru mengarah ke Pickford.

Tiang gawang sekali lagi menggagalkan upaya Arsenal bikin gol. Giliran voli Emile Smith-Rowe yang terhantam tiang gawang Everton.

Gol!!! Gabriel Jesus bisa memotong umpan Ashley Young. Ia menyodorkan bola ke Odegaard. Tembakan Odegaard tak sempurna tapi bola liar bisa disambar Kai Havertz menjadi gol di menit ke-89.

Arsenal menutup laga dengan kemenangan 2-1.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Everton: Menang 2-1, The Gunners Tetap Gagal Juara"