Hagia Sophia

26 May 2024

Shah Rukh Khan Dikabarkan Kena Heatstroke Akibat Suhu Panas, Ini Kondisinya Sekarang

Aktor Bollywood, Shah Rukh Khan, belum lama ini sempat dirawat di rumah sakit akibat terkena serangan panas atau heat stroke. (Foto: Chris Jackson/Getty Images)

Aktor Bollywood, Shah Rukh Khan, baru-baru ini sempat dirawat di rumah sakit akibat terkena serangan panas atau heat stroke dan dehidrasi. Superstar berusia 58 tahun itu dirawat pada hari Rabu di kota Ahmedabad di negara bagian Gujarat barat, kata polisi kepada wartawan setempat.

"Aktor ini mengalami dehidrasi di tengah suhu tinggi 45 derajat Celcius di Ahmedabad. Ia berada di bawah pengawasan medis meskipun kesehatannya stabil. Keamanan telah diperketat di sekitar rumah sakit," kata kantor berita IANS melaporkan, dikutip dari The Independent.

Meski sempat dirawat di rumah sakit, manajer Shah Rukh Khan, Pooja Dadlani mengatakan kondisi artisnya kini telah baik-baik saja.

"Kepada semua penggemar dan simpatisan Tuan Khan, dia baik-baik saja. Terima kasih atas cinta, doa, dan perhatian kalian," ujarnya dikutip dari CNN, Sabtu (25/6/2024).

Kabar masuknya Khan ke RS awalnya diketahui dari laporan Press Trust of India. Berdasarkan video yang disiarkan oleh kantor berita lokal menunjukkan istri artis ternama Bollywood itu, Gauri, tiba di rumah sakit untuk menjenguknya.

Khan dilarikan ke RS saat ia tengah berada di Ahmedabad untuk menyaksikan pertandingan kriket Liga Utama India antara Kolkata Knight Riders dan Sunrisers Hyderabad.

Menurut Departemen Meteorologi India (IMD), suhu melonjak di India melebihi 45 derajat celcius di berbagai kota di utara.

IMD juga telah mengeluarkan peringatan akan terjadinya 'gelombang panas yang parah' di negara bagian Rajasthan, Punjab, Haryana dan Uttar Pradesh, serta ibu kota wilayah Delhi.

Apa Itu Heatstroke atau Serangan Panas?

Dikutip dari laman Kemenkes RS Radjiman Wediodiningrat, heatstroke adalah penyakit yang berhubungan dengan panas yang ditandai peningkatan suhu tubuh dengan cepat yang mencapai sama dengan atau lebih dari 40 derajat celcius. Pasien memiliki tanda-tanda klinis disfungsi sistem saraf pusat berupa kebingungan, ataksia, delirium, atau kejang yang terjadi setelah aktivitas fisik yang berat atau paparan cuaca panas.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Shah Rukh Khan usai Kena Heatstroke Akibat Suhu Panas di India"