Hagia Sophia

03 May 2024

Tips untuk Hilangkan Ngorok Saat Tidur Secara Alami

Foto: iStock

Mengorok atau mendengkur mungkin dianggap biasa oleh sebagian orang. Namun jangan salah, mengorok juga bisa terjadi karena masalah kesehatan, sehingga harus diwaspadai jika Anda punya kebiasaan tersebut.

Penyebab ngorok yang wajar biasanya terjadi karena kelelahan atau salah posisi tidur. Namun jika sudah menjadi kebiasaan, ini mungkin disebabkan karena obesitas, konsumsi obat tertentu, atau kebiasaan tidak sehat.

Cobalah 10 cara menghilangkan ngorok saat tidur secara alami berikut ini. Cara ini dilakukan tanpa perlu menggunakan obat, bahkan hanya dengan mengubah kebiasaan. Selain itu, ada juga yang membutuhkan bantuan alat.

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur Secara Alami

Dilansir dari situs Sleep Foundation dan WebMD, berikut ini cara menghilangkan ngorok saat tidur secara alami:

1. Cobalah Tidur Menyamping
Salah satu penyebab ngorok atau mendengkur adalah salah posisi tidur. Orang cenderung mendengkur ketika tidur telentang. Untuk itu cobalah tidur dengan badan menyamping dengan kepala menghadap samping.

2. Tetap Terhidrasi
Pastikan tetap terhidrasi dengan minum cairan yang cukup. Sekresi di hidung dan langit-langit lunak akan semakin lengket jika mengalami dehidrasi. Cairan tubuh membantu mencairkan sekresi sehingga saluran pernapasan bisa lancar.

3. Hindari Minum Obat Penenang Sebelum Tidur
Jika Anda mengkonsumsi obat penenang, sampaikan kepada dokter tentang masalah mendengkur yang Anda alami. Menghentikan penggunaan obat penenang sebelum tidur bisa meredakan ngorok.

4. Kurangi Berat Badan
Para ahli merekomendasikan Anda yang memiliki kebiasaan ngorok untuk menurunkan berat badan. Berat badan berlebih atau obesitas membuat orang mendengkur dan mengalami apnea tidur obstruktif. Ikuti saran ahli untuk melakukan diet sehat.

5. Cobalah Latihan Mulut
Selain berolahraga secara umum, cobalah melakukan latihan mulut atau orofaring untuk menghentikan dengkuran.

Latihan ini melibatkan gerakan lidah dan bagian mulut secara berulang-ulang sehingga otot-otot di lidah kuat, termasuk langit-langit lunak, dan tenggorokan.

6. Gantilah Bantal Anda
Kemungkinan lain penyebab ngorok adalah bantal yang biasa Anda pakai. Bantal mungkin mengandung alergen bagi Anda, bisa jadi karena tungau debu, debu dari kipas angin, langit-langit, atau hewan peliharaan.

Bersihkan bantal secara teratur dan gantilah secara berkala untuk memastikan tidak ada alergen yang menyebabkan Anda punya kebiasaan ngorok.

7. Berhenti Merokok
Kebiasaan merokok juga meningkatkan kemungkinan mengorok. Rokok bisa masalah jantung dan paru-paru. Ini dapat menimbulkan gejala mendengkur saat tidur. Maka bagi Anda yang punya kebiasaan merokok harus segera menghentikannya.

8. Hindari Alkohol
Sama seperti merokok, alkohol juga bisa menyebabkan Anda ngorok waktu tidur. Alkohol juga bisa menyebabkan apnea tidur obstruktif. Jika Anda punya kebiasaan minum alkohol sebelum tidur, maka hentikanlah sekarang.

9. Pakai Strip atau Dilator Hidung
Menghentikan ngorok bisa dilakukan menggunakan bantuan alat, seperti strip atau dilator hidung internal dan eksternal untuk meningkatkan aliran udara saat tidur.

Ini terbukti dapat mengurangi bahkan menghilangkan dengkuran. Alat ini berukuran kecil dan tersedia secara di toko online maupun di apotek.

10. Gunakan Corong Anti Mendengkur
Alat lain yang bisa digunakan adalah perangkat gigi berupa corong anti mendengkur. Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk membiasakan diri menggunakan alat ini karena ukurannya yang lebih besar.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur Secara Alami tanpa Obat"