Hagia Sophia

03 May 2024

Asia Diterpa Cuaca Panas Ekstrem, Ini Saran Menkes Saat Keluar Rumah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Andhika Prasetia)

Sejumlah negara di Asia seperti Thailand dan India tengah dilanda gelombang panas. Kondisi ini begitu mengganggu aktivitas masyarakat hingga meningkatkan berbagai risiko kesehatan.

Seperti misalnya di Thailand beberapa waktu lalu dilaporkan bahwa ada sebanyak 30 orang yang meninggal dunia. Terkait situasi cuaca panas yang terjadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan apabila beraktivitas lama di luar ruangan.

"Jadi kalau bisa keluar ya usahakan setidaknya kalau tidak menggunakan payung, atau kalau jalan usahakan di bawah naungan gitu. Terus kalau misalnya mau olahraga keluarnya jangan pas panas-panas, pagi-pagi aja lah," ucap Menkes Budi ketika ditemui awak media, Kamis (2/5/2024).

Pada momen terpisah Deputi Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengungkapkan bagaimana situasi terkini terkait cuaca panas di Indonesia.

Ia menuturkan bahwa Indonesia tidak mengalami gelombang panas seperti yang dialami beberapa negara tetangga. Walaupun di Indonesia rasa panas juga cukup dirasakan, Guswanto menuturkan bahwa Indonesia hanya mengalami 'panas terik'.

Guswanto menjelaskan umumnya kondisi gelombang panas terjadi di wilayah yang terletak pada lintang menengah hingga lintang tinggi, belahan bumi bagian utara, bagian selatan, wilayah yang memiliki atau berdekatan dengan massa daratan luas, atau wilayah kontinental dan sub-kontinental.

Sementara wilayah Indonesia berada di ekuator bumi dan memiliki geografis kepulauan dengan perairan luas. Hal ini membuat apa yang terjadi di Filipina sebenarnya juga bukan gelombang panas, melainkan panas terik seperti di Indonesia.

"Filipina itu masih mirip dengan Indonesia, karena di Filipina masih didominasi oleh lautan sehingga itu dapat mempengaruhi suhunya, kalau gelombang panas itu biasanya terjadinya tuh di tengah, misalnya India, Jepang, dan Asia selatan tapi bagian Thailand ke atas, Myanmar itu bisa," kata Guswanto.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Asia Dipanggang Suhu Panas, Menkes Beberkan Do's and Dont's saat Keluar Rumah"