Hagia Sophia

07 June 2024

Berapa Lama ASI Bisa Bertahan dalam Kulkas?

Ilustrasi ASI perah. (Foto: Getty Images/sommart)

Memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif pada bayi yang baru lahir merupakan hal yang penting untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Memastikan kebutuhan ASI yang cukup untuk bayi menjadi salah satu hal yang krusial.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan stok ASI perah (ASIP) di dalam kulkas. Bagaimana sih cara yang tepat dan berapa lama ASI bisa bertahan lama di dalam kulkas?

Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Naomi Esthernita F Dewanto, SpA(K) mengatakan ketahanan ASI sangat tergantung dari bagaimana cara masyarakat menyimpannya. Ia berkata umumnya ASI bisa disimpan di bank ASI, namun karena di Indonesia belum tersedia, maka penyimpanan bisa dilakukan di dalam freezer kulkas rumah.

Penyimpanan ASIP di freezer kulkas rumah biasanya dapat dilakukan selama enam bulan. Namun, ia mengingatkan dalam beberapa kondisi kualitas kulkas setiap rumah bisa berbeda dan memengaruhi kualitas ASI.

"Kalau di freezer bisa sampai enam bulan, tetapi harus diingat bahwa kita kan di Indonesia belum ada bank ASI, jadi kita sehari-hari harus mengedukasi ibu-ibu dengan kondisi kulkas rumahan ya," kata dr Naomi dalam Siaran Sehat Kementerian Kesehatan dikutip detikcom, Rabu (5/6/2024).

"Kebetulan ada penelitian dari anggota Satgas ASI baru-baru ini bahwa di kulkas rumahan nih komponen dalam ASI ternyata kalau setelah dua minggu, meskipun di freezer, itu proteinnya turun dan beberapa zat aktif turun," sambungnya.

Oleh karena itu, dr Naomi sangat menyarankan para ibu untuk tidak menyimpan stok ASIP terlalu lama di dalam freezer. Sebelum sampai dua minggu di dalam freezer, stok ASI sebaiknya sudah diberikan pada anak.

Lantas bagaimana dengan penyimpanan di kulkas bagian chiller bawah? dr Naomi mengatakan bahwa penyimpanan ASI di bagian chiller hanya bisa bertahan selama tiga hari.

"Kalau di kulkas yang di bawahnya itu tiga hari oke. Nah, kalau di luar kulkas idealnya bisa sampai enam jam tapi dengan cuaca panas yang seperti di sini ya kita tiga jam saja. Kita juga harus hati-hati," ucap dr Naomi.

"Jadi memang kalau untuk kulkas perumahan di freezer yang disarankan ya jangan juga sampai sampai ber kulkas-kulkas sayang juga ASI-nya gitu," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Masa Tahan ASI Perah di Freezer VS Chiller Kulkas, Moms Perlu Tahu"