Hagia Sophia

07 June 2024

Penyanyi Papan Atas Halsey Diduga Idap Penyakit Leukemia dan Lupus

Halsey. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP/Jordan Strauss)

Melalui akun media sosial Instagram, penyanyi papan atas Halsey mengungkapkan bahwa ia diam-diam sedang berjuang melawan penyakit. Hal tersebut terungkap dari unggahan Halsey melalui media sosial bersamaan dengan perilisan album barunya yang berjudul 'The End'.

Hingga saat ini, Halsey belum secara eksplisit terkait penyakit yang diidapnya, namun diduga ia memiliki leukemia dan lupus. Hal tersebut nampak dari rencananya akan memberikan sumbangan pada sebuah organisasi nirlaba yang mendanai penelitian lupus, limfoma, dan kanker darah.

"Singkat cerita saya beruntung masih bisa hidup. Singkat cerita saya juga menulis album, ini dimulai dengan The End," kata Halsey dikutip dari Time, Rabu (5/6/2024).

Lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang dapat merusak kulit, persendian, organ, dan bagian tubuh lainnya. Sedangkan leukemia merupakan kanker darah dan limfoma adalah kanker kelenjar getah bening.

Halsey melalui media sosialnya terus mendokumentasikan berbagai momen perjalanan kesehatannya. Tidak hanya itu, terdapat juga cuplikan di mana ia mendapatkan infus di rumah sakit dan ketika rekaman salah satu lagunya di album terbaru tersebut.

"Saya merasa seperti orang tua. Aku berkata pada diriku sendiri bahwa aku memberi diriku waktu dua tahun lagi untuk sakit. Ketika aku berusia 30 tahun, aku terlahir kembali dan aku tidak akan sakit, dan akan terlihat seksi dan berenergi," ucap Halsey.

Ini bukan pertama kalinya Halsey harus dihadapkan oleh sebuah penyakit. Pada tahun 2016, Halsey sempat mengidap endometriosis dan pada tahun 2022 ia juga mengalami sejumlah penyakit lainnya.

"Saya dirawat di rumah sakit karena anafilaksis beberapa kali dan ada beberapa hal lain yang terjadi. Pada dasarnya, setelah menemui banyak sekali dokter. Saya didiagnosis mengidap sindrom Ehlers-Danlos, sindrom Sjogren, Sindrom Aktivasi Sel Mast (MCAS), dan Sindrom Takikardia Ortostatik Postural (POTS)," katanya saat itu.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Halsey Sakit Parah, Diduga Idap Penyakit Leukemia dan Lupus"