Hagia Sophia

07 June 2024

Rekor CR7 di Piala Eropa, Akan Nambah di Euro 2024?

Euro 2024 akan menjadi turnamen Eropa keenam Ronaldo bersama Portugal. Foto: Anadolu via Getty Images/Anadolu

Cristiano Ronaldo telah memegang sejumlah rekor penting di Piala Eropa. Striker 39 tahun itu berpeluang menambahnya pada edisi tahun ini yang akan segera dimulai.

Euro 2024 akan menjadi turnamen regional keenam secara beruntun dan mungkin yang terakhir bagi Ronaldo. Selain berharap kembali menjadi kampiun bersama Portugal seperti tahun 2016, mungkin ia juga ingin mengukir abadi namanya dalam berbagai capaian.

Sejauh ini, Ronaldo sudah memiliki empat rekor Piala Eropa atas namanya. Pertama, ia adalah satu-satunya pesepakbola pria yang sudah tampil di lima Euro. Jika ia turun di edisi 2024, maka ia akan mempertajam rekornya menjadi enam.

Rekor di atas memudahkan Ronaldo mencetak rekor kedua, yakni penampilan di Piala Eropa terbanyak. Ia sudah bermain 25 kali, mengalahkan dua kompatriotnya, Joao Moutinho dan Pepe yang baru 19 kali. Di Jerman, menit bermainnya berpeluang bertambah.

Ketiga, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak selama turnamen, yakni 14 gol. Sejauh ini, pesaing terdekat Ronaldo yang masih aktif bermain adalah Alvaro Morata dan Romelu Lukaku (6 gol) serta Antoine Griezmann (7 gol).

Keempat, Ronaldo juga merupakan pemain dengan upaya mencetak gol tertinggi selama turnamen, yakni 137 kali. Jumlah di atas hampir tiga kali lipat lebih banyak dari pesaing terdekat yang telah lama gantung sepatu, yakni Thierry Henry (52), Dennis Bergkamp (48), dan Zinedine Zidane (48).

Terlepas dari catatan impresif yang ia miliki, masih ada rekor di Piala Eropa yang belum diraihnya, namun berpeluang didapat di Jerman nanti. Apa sajakah itu?

Chances created
Untuk urusan mengkreasi peluang, Ronaldo baru punya 41, kalah sedikit dari seniornya, yakni Luis Figo yang memiliki catatan 42 kans. Pesaing terdekatnya yang masih aktif bermain yakni Kevin De Bruyne dengan 36 kans.

Assist
Perkara urusan peluang menjadi gol, Ronaldo sudah berada di urutan teratas dengan enam asis, namun jumlah itu sama dengan legenda Republik Ceko dan Manchester United, Karel Poborsky. Di bawahnya ada De Bruyne dengan lima asis.

Kapten juara
Saat ini, Iker Casillas adalah satu-satunya kapten timnas yang sudah menjadi juara Piala Eropa dua kali, yakni pada 2008 dan 2012. Ronaldo, meski tak semudah dua catatan sebelumnya, punya kans untuk menyamai rekor ini. Ia baru juara sekali pada 2016

Pencetak gol tertua
Saat ini, rekor pencetak gol tertua di Piala Eropa dipegang Ivica Vastic (38 tahun 257 hari) yang membobol gawang Polandia di Euro 2008. Jika Ronaldo mencetak gol di Euro 2024, ia akan melewati catatan pemain Austria tersebut.

Namun perlu dicatat, di skuad Portugal masih ada Pepe yang sudah 41 tahun. Jika bek plontos itu mencetak gol, rekor ini akan melayang dari genggaman Ronaldo.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Deretan Rekor Ronaldo di Piala Eropa, Bisa Bertambah di Euro 2024"