Hagia Sophia

04 June 2024

Ini yang Terjadi pada Tubuh Manusia Jelang Kematian

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

Kematian merupakan hal misteri lantaran tidak ada satu orang pun dapat mengetahui kapan ajal menjemput. Namun ada beberapa hal yang bisa menjadi tanda kematian terlebih jika mengalami sakit parah. Sebelum meninggal, biasanya seseorang akan memberikan petunjuk melalui perubahan pada tubuhnya.

Sistem tubuh pada seseorang yang sekarat tentu bekerja lebih lambat. Meski gejalanya berbeda pada setiap orang, hal ini yang dapat terjadi pada tubuh saat menjelang kematian. Dikutip dari Healthdirect.

Yang Terjadi Pada Tubuh Beberapa Minggu Menjelang Kematian

Biasanya, orang dengan kondisi sekarat akan merasa kelelahan, tidur yang lebih sering, atau sedikit berbicara. Selain itu, beberapa minggu menjelang kematian memungkinkan seseorang menginginkan makan dengan porsi yang sedikit atau lauk yang berbeda karena sistem pencernaan yang melambat.

Penurunan berat badan serta kulit yang menipis juga terjadi karena tubuh sulit untuk meregenerasi sel-sel kulit seperti sebelumnya.

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Beberapa Hari Menjelang Kematian

Menjelang hari-hari sebelum kematian, biasanya seseorang akan mengalami kesulitan bernapas. Bernapas mungkin menjadi lebih lambat ataupun lebih cepat karena sistem pernapasan tidak dapat diprediksi.

Hal ini disebabkan oleh cairan yang berkumpul di dalam paru-paru bahkan nafas dapat mengeluarkan bunyi.

Selain masalah pernapasan, warna kulit seseorang saat beberapa hari menjelang kematian akan berubah karena adanya penurunan sirkulasi darah. Warna kulit menjadi lebih pucat atau berwarna abu-abu bahkan berbintik.

Pada fase ini, seseorang tidak dapat mengontrol suhu tubuh. Kadang terasa dingin, dan terkadang terasa panas atau berkeringat. Hilangnya oksigen ke otak juga terjadi pada fase ini sehingga menyebabkan halusinasi.

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Beberapa Jam Menjelang Kematian

Pada fase ini, seseorang menjadi lebih banyak tidur dengan napas yang tidak teratur, kulit juga menjadi dingin saat disentuh. Beberapa tanda yang mungkin dialami saat memasuki fase ini antara lain:
  • Mata yang berkaca-kaca yang mungkin setengah terbuka
  • Tangan yang dingin
  • Denyut nadi melemah
  • Berhalusinasi
  • Terengah-engah atau napas mulai berhenti pada fase ini


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Begini Proses yang Terjadi pada Tubuh Manusia Jelang Kematian"