Hagia Sophia

04 June 2024

Tidak Hanya Atasi Ngantuk, Ini Manfaat Lain dari Minum Kopi

Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Selain enak dan bisa membangkitkan semangat di pagi hari, ternyata ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, lho! Mulai dari meningkatkan energi hingga mengatasi rasa kantuk yang berlebihan. Hal ini terjadi karena kandungan kafein yang ada di dalam kopi.

Meski begitu, minum kopi juga tak boleh berlebihan, Berdasarkan rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS, konsumsi kafein tidak disarankan lebih dari 400 mg per hari. Kafein sebanyak ini kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi atau 2 gelas minuman berenergi.

Selain itu, ada lagi manfaat kesehatan lainnya dari minum kopi. Dikutip dari Healthline, berikut informasinya.

1. Menurunkan diabetes tipe 2
Dikutip dari situs Healthline, hasil analisis dari 30 penelitian menunjukkan bahwa minum satu cangkir kopi setiap hari dapat berhubungan dengan risiko 6 persen lebih rendah terkena diabetes tipe-2.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kemampuan kopi untuk menjaga sel beta di pankreas agar tetap berfungsi dengan baik. Sel beta bertugas memproduksi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung
Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan telah menemukan hubungan antara proses inflamasi dan risiko penyakit kardiovaskular. Lebih menarik lagi, mereka menemukan bahwa minum kopi bisa menjadi cara untuk melawan proses inflamasi ini.

Namun, mencampurkan gula dan krim ke dalam kopi bisa bertentangan dengan upaya menjaga kesehatan jantung. Karenanya, opsi terbaik untuk mendukung kesehatan jantung adalah meminum kopi tanpa tambahan apa pun.

3. Mendukung kesehatan otak
Beberapa riset menunjukkan bahwa kopi bisa memberikan perlindungan terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Kafein telah terbukti memiliki efek protektif terhadap sel-sel saraf, mengurangi risiko kerusakan dan peradangan yang terkait dengan penyakit-penyakit neurodegeneratif. Selain itu, antioksidan dalam kopi dapat membantu melawan stres oksidatif yang merusak sel-sel otak.

4. Membantu penurunan berat badan
Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat mempengaruhi penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, dua faktor yang penting dalam manajemen berat badan. Secara khusus, kafein dalam kopi telah dikaitkan dengan peningkatan laju metabolisme dan penurunan penyerapan lemak.

Studi juga menunjukkan bahwa minum satu hingga dua cangkir kopi per hari dapat meningkatkan kemungkinan memenuhi tingkat aktivitas fisik harian sebesar 17 persen, memberikan dorongan tambahan untuk gaya hidup aktif.

5. Mengurangi risiko depresi
Menurut hasil dari 7 penelitian yang berbeda, setiap cangkir kopi yang diminum per hari dapat dikaitkan dengan penurunan risiko depresi sebesar 8 persen.

Bahkan lebih menarik, terdapat penelitian yang melibatkan lebih dari 200.000 partisipan dan menemukan bahwa minum kopi berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat bunuh diri.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Manfaat Tak Terduga dari Minum Kopi, Tak Cuma Atasi Rasa Kantuk!"