Hagia Sophia

04 June 2024

RS Indonesia di Gaza Kembali Diserang Israel, Fasilitas untuk Cuci Darah Hancur

Pasukan Israel kembali menyerang RS Indonesia di Gaza utara. Mereka menghancurkan pusat khusus Noura al-Kaabi di RS itu untuk pasien dialisis atau cuci darah. ()Foto: Anas al-Shareef/Reuters/File Photo

Pasukan Israel kembali menyerang Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara pada Minggu (2/6/2024), waktu setempat. Mereka menghancurkan pusat khusus Noura al-Kaabi di RS Indonesia untuk pasien dialisis atau cuci darah.

Seorang dokter di Rumah Sakit Indonesia Gaza menyebut serangan terjadi saat fasilitas medis itu baru saja pulih, setelah dibuka kembali dalam beberapa minggu terakhir.

"Meski sudah tak bisa beroperasi saat awal invasi di Gaza utara, mereka [Israel] masih memasuki rumah sakit dan membakar lantai dua dan tiga dengan parah," kata dokter itu, dikutip Al Jazeera.

"Pagar luar dihancurkan. Kami bahkan menemukan detonator di rumah sakit. Tetapi untungnya, dengan rahmat Tuhan, semuanya baik-baik saja," katanya lagi.

RS Indonesia di Gaza utara sebelumnya sempat lumpuh beberapa bulan lalu, kala pasukan Israel dengan brutal melakukan serangan di wilayah Gaza utara. Bahkan RS tersebut sempat dijadikan markas mereka untuk menyerang para pejuang Palestina.

"Kita MER-C ingin mengecam cara-cara yang kotor ini dilakukan oleh Israel yang menjadikan RS Indonesia sebagai markas, benteng, dan dilakukan untuk menyerang pejuang yang ada di Palestina," Kepala Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad, dalam konferensi pers Rabu (20/12/2023).


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Israel Kembali Serang RS Indonesia di Gaza, Fasilitas Cuci Darah Hancur"