Hagia Sophia

04 June 2024

Tips yang Bisa Dilakukan Agar Waktu Terasa Cepat Berjalan

Ilustrasi stres kerja. (Foto: Getty Images/iStockphoto/chokja)

Ada momen ketika kembali bekerja di hari Senin, terkadang waktu seakan tidak bergerak maju sama sekali. Kondisi ini membuat fokus pada tugas menjadi kacau hingga membuat diri terus melihat angka yang ada di jam.

Psikolog klinis Sarah Bishop menuturkan bahwa hal tersebut adalah perasaan yang normal. Hal ini bisa saja terjadi ketika seseorang berada di situasi yang tidak menyenangkan atau monoton.

"Terkadang kita sering berharap waktu berjalan lebih cepat, terutama ketika kita berada dalam situasi yang tidak menyenangkan atau monoton. Keinginan ini dapat berasal dari kecenderungan alami kita untuk mencari kenyamanan atau kesenangan dan menghindari ketidaknyamanan," kata Sarah dikutip dari VeryWellMind, Senin (3/6/2024).

Sarah lantas memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar waktu bisa terasa berjalan lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Berhenti Melihat Jam
Sarah berkata melihat jam terus menerus dapat berdampak negatif pada well-being hingga meningkatkan risiko stres dan kecemasan. Melihat jam terus menerus dapat memunculkan perasaan gelisah dan tidak sabar sehingga menghambat kemampuan terjaga dalam momen terkini.

Situasi tersebut akhirnya berdampak buruk pada produktivitas hingga suasana hati secara keseluruhan. Sebaliknya yang penting adalah menerima ketidaknyamanan tersebut, membiarkan diri mengalami sepenuhnya tanpa berusaha melarikan diri atau terburu-buru melewatinya.

"Mengembangkan keterampilan duduk dengan rasa tidak nyaman atau monoton dalam berbagai situasi sangat penting untuk pertumbuhan dan ketahanan pribadi," ujar Sarah.

2. Buat Rutinitas Teratur
Jika memungkinkan, buatlah rutinitas yang teratur dan dapat diprediksi. Ketika seseorang memiliki rutinitas yang lebih teratur, tugas akan dilakukan cenderung secara 'autopilot' dan hampir tidak menyadarinya.

Rutinitas yang teratur dapat meningkatkan kemungkinan menyelesaikan pekerjaan tanpa menyadari seberapa banyak waktu telah berlalu. Hal ini tidak serta merta membuat pekerjaan menjadi mudah dinikmati, namun hal ini dapat membuat waktu pekerjaan yang dihabiskan bergerak lebih cepat.

3. Pecahkan Tugas Sulit
Jika menemui pekerjaan yang sulit atau membosankan, cobalah pecahkan tugas itu ke beberapa bagian yang lebih kecil. Kerjakan tugas yang lebih mudah atau sukai, lalu luangkan waktu lagi untuk tugas yang tidak disukai.

Setelah itu, kembali lakukan pekerjaan yang lebih disukai agar waktu bisa berjalan lebih cepat.

4. Minimalkan Gangguan atau Distraksi
Meminimalkan gangguan atau distraksi dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan fokus lebih dalam bekerja. Ketika fokus tercapai, maka hal ini akan membuat diri merasa 'tenggelam' dalam sebuah tugas yang dilakukan sehingga pergerakan waktu tidak akan terlalu terasa.

"Hal lain yang bisa membantu adalah menghilangkan gangguan seperti media sosial atau notifikasi lainnya, memastikan kita tidak diganggu oleh rekan kerja, dan menetapkan batas waktu atau tenggat waktu, sehingga kita merasa terdorong untuk benar-benar menyelaminya sesegera mungkin," kata psikoterapis Eloise Skinner.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mager Senin Ngantor Lagi? Begini Cara Bikin Waktu Terasa 'Ngebut' saat Kerja"