Hagia Sophia

16 May 2024

Apakah Manfaat dari Sarapan di Pagi Hari?

Ilustrasi sarapan. (Foto: iStock)

Rutinitas yang sibuk membuat banyak orang sulit menyempatkan diri untuk banyak hal, termasuk sarapan.

Padahal, sarapan kerap disebut sebagai waktu makan paling penting karena memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Selain memberikan energi, apa saja sih manfaat sarapan yang bisa didapatkan? Berikut penjelasannya.

1. Memberikan Energi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, sarapan dapat memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Saat tidur semalaman, hati akan memecah glikogen menjadi glukosa untuk digunakan sebagai sumber energi. Ini penting untuk menjaga otak dan organ tubuh lain berfungsi dengan baik.

Sarapan dapat mengisi ulang glikogen yang tersimpan di dalam hati dan otot, sehingga memberikan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

2. Menurunkan Risiko Diabetes
Sarapan dapat membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil, sehingga mencegah diabetes tipe 2. Terutama, sarapan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks.

Pasalnya, serat dapat memperlambat proses penyerapan karbohidrat dan gula dari makanan. Sementara, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan.

Studi juga menemukan orang yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko hingga 55 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Sarapan pagi yang sehat juga berkontribusi dalam memelihara kesehatan jantung.

Sarapan yang diisi makanan kaya serat, seperti gandum utuh, oat, dan buah-buahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Tak hanya itu, makanan-makanan tersebut juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap berada pada batas normal. Hal ini akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan jantung.

4. Meningkatkan Fokus
Sarapan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan fokus dan daya konsentrasi. Sejumlah studi menunjukkan anak yang sarapan di pagi hari dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik di sekolah, sehingga meningkatkan performa akademiknya.

Sarapan juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

5. Membantu Menjaga Berat Badan
Sebagian orang percaya melewatkan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Faktanya, sarapan justru memberikan efek sebaliknya.

Sarapan yang kaya nutrisi, seperti protein, serat, dan karbohidrat kompleks dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini berkontribusi dalam menekan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan, sehingga berat badan dapat terkendali.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini 5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Di-skip!"