Hagia Sophia

06 June 2024

Berusia 101 Tahun, Putri Yuriko Merupakan Anggota Keluarga Kaisar Jepang Tertua

Putri Yuriko kini berusia 101 tahun, menjadi anggota keluarga tertua di kekaisaran Jepang. (Foto: AP/)

Tepat pada Selasa (4/6/2024), Putri Yuriko berusia 101 tahun. Ia menjadi anggota tertua di keluarga kekaisaran Jepang.

Putri Yuriko merupakan putri kedua Viscount Manasari Takagi, yang lahir pada tahun 1923. Ia menikah dengan Pangeran Mikasa pada tahun 1941 dan melahirkan tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan.

Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, usia sang putri saat ini sudah melebihi mendiang suaminya. Pangeran Mikasa meninggal pada tahun 2016 di usia 100 tahun.

Sempat Dirawat di Rumah Sakit

Dikutip dari Japan Times, Putri Yuriko dirawat di Rumah Sakit Internasional St.Luke di Tokyo mulai 3 Maret. Ia didiagnosis mengalami kasus ringan infark serebral dan pneumonia aspirasi.

Saat dirawat karena infark serebral, Putri Yuriko mengeluhkan tidak enak badan karena dehidrasi ringan. Ia juga sulit menggerakkan tangan dan kaki kanannya, serta mengeluarkan banyak dahak.

Kini, Putri Yuriko sudah bisa berkomunikasi dan sedang menjalani rehabilitasi. Namun, ia masih sulit untuk makan dan minum.

Buichiro Kuroda, wakil kepala badan tersebut, mengatakan saat ini pihaknya memberikan perhatian penuh terhadap sang putri. Hal ini mengingat usianya yang sangat lanjut, meski kondisinya masih stabil.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Putri Yuriko Jadi Anggota Keluarga Kekaisaran Jepang Tertua Berusia 101 Tahun"