Hagia Sophia

06 June 2024

Ini Besaran Gaji yang Diterima Mourinho di Fenerbahce

Jose Mourinho digaji tinggi di Fenerbahce (REUTERS/Umit Bektas)

Jose Mourinho punya tugas berat untuk mengembalikan Fenerbahce ke masa jayanya. Wajar jika Mourinho mendapat bayaran begitu besar, memangnya berapa?

Mourinho belum lama ini diresmikan sebagai pelatih baru Fenerbahce dengan kontrak dua tahun. Mourinho menggantikan posisi Ismail Kartal yang diberhentikan karena prestasi buruk tim musim ini.

Fenerbahce tidak meraih satu pun trofi, termasuk kalah bersaing dengan rivalnya Galatasaray yang jadi juara Liga Super Turki. Alhasil, puasa gelar liga Fenerbahce makin panjang setelah terakhir berjaya di 2013/2014.

Itulah mengapa manajemen memilih Mourinho yang sudah makan asam garam di sepakbola Eropa, untuk jadi pelatih baru. Di tangan Mourinho, manajamen yakin Fenerbahce bisa bangkit musim depan dan mendepak Galatasaray dari singgasana.

Fenerbahce yang kini dipimpin pengusaha kaya Turki, Ali Koc, rela memberikan gaji selangit untuk Mourinho. Dikutip ESPN, dalam keterbukaan informasi di bursa saham Turki, Rabu (5/6), gaji Mourinho disebut mencapai 10,5 juta euro per tahun atau sekitar Rp 186 miliar.

Tidak disebutkan seberapa besar bonus yang didapat Mourinho dalam kontraknya. Yang pasti Mourinho jadi pelatih termahal di Liga Turki musim depan, serta kelima di dunia.

Gaji Mourinho sama dengan yang didapat Mikel Arteta dari Arsenal saat ini, cuma kalah dari dari Steven Gerrard yang menerima 17,8 juta euro dari Al Ettifaq, Pep Guardiola yang digaji 23,5 juta euro oleh Manchester City, dan Diego Simeone yang digaji 35 juta euro oleh Atletico Madrid.

Sebagai catatan, gaji Arteta akan setara Guardiola saat meneken kontrak baru dengan Arsenal beberapa pekan ke depan. Dengan pengalaman Mourinho meraih titel juara liga di Inggris, Italia, dan Spanyol, bisakah Fenerbahce berjaya musim depan? Kita tunggu saja.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Mourinho Digaji Segini di Fenerbahce, Cuma Kalah dari 3 Pelatih"