Hagia Sophia

06 June 2024

Ini Pesan Dokter Bila Urine Berwarna Seperti Ini

Ilustrasi warna urine (Foto: Thinkstock)

Baru-baru ini viral sebuah video di media sosial yang menyebut ulekan batu bisa menjadi pemicu batu ginjal. Narasi dalam video tersebut mengklaim bahwa gesekan antara cobekan dan ulekan dari batu bisa menghasilkan serpihan halus menyebabkan batu ginjal.

Spesialis urologi dr Nur Rasyid, SpU mengatakan ulekan tak menjadi penyebab penyakit batu ginjal. menurutnya butiran pasir halus yang dihasilkan dari ulekan batu tidak ada kaitannya dengan penyebab batu ginjal.

Adapun yang menjadi risiko pembentukan batu ginjal adalah kurangnya pemenuhan asupan air putih dalam keseharian atau kurang terhidrasi.

Salah satu cara mudah untuk melihat apakah seseorang berisiko mengalami batu ginjal adalah dengan memperhatikan warna urine. Jika berwarna pekat, ini bisa ditandai tubuh kurang mendapatkan asupan air putih yang meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

"Ketika di ginjal, prinsip pembentukan dasar batu itu apabila di dalam saluran ginjal itu terjadi kepekatan di atas normal dan itu terjadi utamanya kalau orang itu kurang minum," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (4/6/2024).

Menurut dr Rasyid, salah satu cara mencegah terjadinya batu ginjal adalah dengan menjaga jumlah urine yang keluar tubuh sekitar 2,5 liter. Karenanya, penting untuk memenuhi asupan cairan yang cukup setiap hari.

"Berapa kali minumnya? Tergantung aktivitas. Kalau mau lebih gampang, warna urine itu bisa paling bagus mengingatkan orang. Kalau urine masih berwarna (pekat), kita minumnya masih kurang," kata dr Rasyid.

Selain kurang terhidrasi, beberapa penyebab lainnya juga bisa menjadi faktor risiko batu ginjal.

"Selain itu penyebabnya juga bisa gangguan metabolisme, meski minum cukup bisa tetap terjadi batu karena pencernaannya lebih menyerap sehingga di darahnya zatnya (seperti asam urat dan kalsium oksalat) tinggi. Ketika tinggi, zatnya dibuang ke ginjal, lalu terbentuk batu," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Wanti-wanti Warna Urine Seperti Ini Berisiko Picu Batu Ginjal"