Hagia Sophia

06 June 2024

Menurut Studi, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Umur Panjang dan Awet Muda

Foto ilustrasi: Getty Images/whitebalance.oatt

Penelitian terbaru dalam Journal American Heart Association menunjukkan bahwa menerapkan 8 kebiasaan sehat, yang dikenal sebagai Life's Essential 8, dapat memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, serta kematian.

Para peneliti menyoroti pentingnya mengadopsi kebiasaan sehat, termasuk makan makanan sehat, menjadi lebih aktif, berhenti merokok, tidur yang cukup, menjaga berat badan ideal, serta memantau kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Dikutip dalam New York Post, studi ini melibatkan 5.682 orang dewasa yang dinilai berdasarkan skor kesehatan kardiovaskular mereka. Skor tersebut mencakup empat aspek perilaku, yakni asupan makanan, aktivitas fisik, jam tidur per malam dan status merokok, serta empat aspek pengukuran klinis seperti indeks massa tubuh, kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

Peneliti menggunakan proses modifikasi kimia metilasi DNA untuk memperkirakan usia biologis dan memeriksa kecenderungan genetik setiap individu terhadap penuaan biologis yang dipercepat. Hasil menunjukkan bahwa mereka yang memiliki skor lebih tinggi pada 8 faktor kesehatan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan menurunkan risiko kematian.

Setiap peningkatan 13 poin dalam skor kesehatan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 35 persen, kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 36 persen, dan kematian akibat penyebab apa pun sebesar 29 persen.

Para peneliti menegaskan bahwa meskipun usia biologis seseorang mungkin berbeda, mengelola faktor risiko penyakit jantung dan mengadopsi gaya hidup yang sehat dapat mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan penuaan.

"Temuan studi kami memberi tahu kami bahwa tidak peduli berapa usia Anda sebenarnya, perilaku yang lebih sehat untuk jantung dan mengelola faktor risiko penyakit jantung dikaitkan dengan usia biologis yang lebih muda dan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke, kematian akibat penyakit jantung dan stroke, serta kematian akibat penyebab apa pun," kata penulis studi senior Jiantao Ma dikutip dari New York Post.

Jiantao Ma bersama tim berencana untuk memperluas penelitiannya dengan melibatkan orang-orang dari kelompok etnis yang lebih beragam untuk menyelidiki lebih lanjut hubungan antara faktor risiko kardiovaskular dan usia biologis.

Temuan baru ini juga mendukung hasil penelitian pada bulan November yang menunjukkan bahwa mengikuti daftar periksa Life's Essential 8 dapat memperlambat penuaan biologis rata-rata enam tahun.

"Pesan kami adalah bahwa setiap orang harus memperhatikan delapan faktor kesehatan penyakit jantung dan stroke: makan makanan sehat; lebih aktif; berhenti merokok; tidur yang sehat; mengatur berat badan; dan menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah yang sehat," ujar Jiantao Ma.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Studi Ungkap 8 Kebiasaan yang Bikin Awet Muda dan Umur Panjang, Mau Coba?"