Hagia Sophia

01 July 2024

Copa America 2024: Meksiko Berakhir Tanpa Gol Ekuador, Caicedo Masuk 8 Besar

Ekuador lolos ke perempatfinal Copa America 2024 usai bermain imbang 0-0 dengan Meksiko (Foto: AP/Matt York)

Ekuador lolos ke perempatfinal Copa America 2024. Moises Caicedo dkk. melaju usai bermain imbang 0-0 dengan Meksiko di laga terakhir fase grup.

Duel Meksiko Vs Ekuador di laga terakhir Grup B Copa America 2024 digelar di State Farm Stadium, Glendale, Arizona, Senin (1/7/2024) pagi WIB. Ini jadi laga penentu bagi kedua tim yang sama-sama masih berpeluang lolos ke perempatfinal.

Ekuador butuh minimal hasil seri untuk maju ke perempatfinal. Sementara itu, Meksiko wajib menang untuk melangkah ke babak knockout.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Selepas jeda, Meksiko yang butuh kemenangan tampil lebih agresif.

Meksiko mendapat peluang lewat Santiago Gimenez, tapi sundulannya tak mengarah ke gawang. Tak lama kemudian, tendangan Julian Quinones dari luar kotak penalti memaksa kiper Ekuador Alexander Dominguez melakukan penyelamatan.

Drama terjadi di penghujung injury time. Wasit sempat memberi penalti untuk Meksiko setelah Guillermo Martinez dinilai melakukan pelanggaran kepada Felix Torres.

Namun, wasit kemudian mengecek insiden tersebut lewat VAR. Wasit lantas membatalkan penalti untuk Meksiko.

Skor 0-0 akhirnya menutup laga Meksiko vs Ekuador. Ekuador berhak lolos ke perempatfinal Copa America 2024 dengan empat poin dari tiga laga.

Ekuador unggul selisih gol atas Meksiko yang punya jumlah poin sama. Ekuador mendampingi Venezuela yang sudah lebih dulu dipastikan lolos.

Venezuela sendiri menutup laga Grup B Copa America 2024 dengan kemenangan atas Jamaika dengan skor 3-0. Setelah imbang 0-0 di babak pertama, Venezuela membuka keunggulan lewat Eduard Bello pada menit ke-49.

Salomon Rondon kemudian menggandakan keunggulan Venezuela pada menit ke-56. Eric Ramirez melengkapi kemenangan Venezuela lewat golnya lima menit sebelum laga usai.

Kemenangan ini mengantar Venezuela lolos ke perempatfinal Copa America 2024 dengan catatan sempurna sebagai juara grup. Venezuela mengumpulkan sembilan poin dari tiga laga.

Susunan Pemain

Meksiko: Julio Gonzalez, Gerardo Arteaga (Alexis Vega 90+1'), Johan Vasquez, Cesar Montes, Jorge Sanchez, Luis Chavez, Orbelin Pineda (Uriel Antuna 68'), Luis Romo (Jordi Cortizo 86'), Julian Quinones (Erick Sanchez 86'), Cesar Huerta (Guillermo Martinez 68'), Santiago Gimenez

Ekuador: Alexander Dominguez, Felix Torres, Piero Hincapie, Willian Pacho, Angelo Preciado (Jose Hurtado 90+1'), Jeremy Sarmiento (Angel Mena 76'), Kendry Paez (Alan Minda 67'), Moises Caicedo, Alan Franco, Enner Valencia, Kevin Rodriguez (Carlos Gruezo 76')


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Copa America 2024: Meksiko Vs Ekuador 0-0, Caicedo dkk. ke 8 Besar"