Hagia Sophia

01 July 2024

Normalkah Bila Testis Besar Sebelah? Ini Kata Pakar Urologi

Tak perlu panik jika ukuran testis besar sebelah atau posisinya tinggi sebelah (Foto: Getty Images/iStockphoto/Evheniia Vasylenko)

Tidak perlu panik jika mendapati ada sedikit perbedaan posisi dan ukuran pada testis atau buah zakar. Namun jika khawatir ada yang tidak beres, maka tidak ada salahnya periksa.

"Kalau memang perbedaannya sedikit, nggak masalah. Variasi normal," tegas dr Putu Angga Risky Raharja, SpU, FICS, dokter urologi dari Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (28/6/2024).

"Asalkan keduanya ada di kantong skrotum," tambahnya.

Terkait posisi testis, kondisi yang perlu diwaspadai adalah ketika testis tidak turun ke skrotum. Testis yang tertahan di rongga perut atau disebut undescended testis (UDT) bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak teratasi sejak dini.

"Testis yang letaknya lebih atas itu terpapar suhu yang lebih tinggi jadi kerusakan sel-sel di dalam testis lebih banyak, Efek terhadap fertilitasnya juga lebih buruk," kata dr Angga.

"Risiko keganasan juga lebih tinggi pada testis yang tidak turun. Kemudian risiko terpelintir atau torsio juga lebih tinggi," lanjutnya.

Sedangkan terkait ukuran yang tidak simetris antara testis kiri dan kanan, maka dr Angga menyarankan untuk periksa. Ada berbagai kemungkinan yang bisa memicu testis besar sebelah, dan masing-masing membutuhkan penanganan yang berbeda.

"Perlu dicek, antara testisnya besar atau kantungnya yang besar. Kadang ada beberapa kelainan di mana kantungnya besar sebelah, karena ada cairan di dalamnya, ada hernia di dalamnya," saran dr Angga.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Testis Besar Sebelah, Normalkah? Ini Pesan Dokter Urologi"