Hagia Sophia

24 May 2024

Kondisi Saat Ini Korban Turbulensi Pesawat Singapore Airlines

Foto: Reuters/Handout via REUTERS

Nyaris 60 orang korban insiden turbulensi parah Singapore Airlines termasuk lima warga Singapura, masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit Samitivej Srinakarin, Bangkok, Rabu (22/5/2024).

Dua puluh pasien dirawat di unit perawatan intensif (ICU) dua rumah sakit, sedangkan 38 lainnya mendapat perawatan rawat inap. Dari lima warga Singapura yang berada di tiga rumah sakit tersebut, dua di antaranya berada di ICU.

Para pasien mengalami luka-luka dalam penerbangan Singapore Airlines (SIA) yang dilanda turbulensi parah pada Selasa (21/5) dalam perjalanan dari London ke Singapura. Pesawat mendarat di Bangkok setelah keadaan darurat medis diumumkan.

Ke-58 pasien tersebut tersebar di tiga rumah sakit: 41 di Rumah Sakit Samitivej Srinakarin, 15 di Rumah Sakit Samitivej Sukhumvit, dan dua di Rumah Sakit Bangkok.

Dua puluh tujuh pasien telah dipulangkan pada pukul 1 siang, Rabu kemarin. Singapore Airlines mengatakan lima penumpang yang berada di pesawat SQ321 akan kembali ke Singapura pada hari Rabu, sementara satu awak akan terbang kembali pada hari Kamis.

SIA menyebut 74 penumpang dan enam awak masih berada di Bangkok, termasuk keluarga dan orang-orang terkasih dari mereka yang menerima perawatan medis.

Dari pasien di Rumah Sakit Samitivej Srinakarin, sembilan orang berhasil menjalani operasi pada hari Selasa. Lima pasien lagi diperkirakan akan menjalani operasi pada hari Rabu.

Rumah Sakit Samitivej Srinakarin berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Suvarnabhumi. Samitivej adalah grup layanan kesehatan swasta dengan tujuh rumah sakit di Thailand. Rumah sakit pertama didirikan pada tahun 1979. Menurut situsnya, Samitivej Srinakarin memiliki 400 tempat tidur dan menawarkan berbagai layanan medis untuk warga negara Thailand dan asing.

Rumah Sakit Samitivej Srinakarin terletak di timur Bangkok, dekat Bandara Internasional Suvarnabhumi.

"Pasien dapat dipindahkan dari rumah sakit ke bandara dalam waktu sesingkat-singkatnya," kata situs web tersebut.

Kondisi Warga Malaysia

Sembilan warga Malaysia saat ini juga menerima perawatan medis. Di Rumah Sakit Samitivej Sukhumvit, satu pasien di ICU dan dua pasien di bagian rawat inap. Sementara pada Rumah Sakit Samitivej Srinakarin, lima pasien berada di ICU, dan satu pasien di bagian rawat inap rumah sakit.

Seorang pejabat kedutaan Malaysia yang menolak disebutkan namanya mengatakan kepada CNA bahwa dari enam pasien di Rumah Sakit Samitivej Srinakarin, satu adalah awak laki-laki dan lima lainnya adalah bagian dari kelompok yang bepergian bersama.

Usia mereka berkisar antara 31 hingga 65 tahun, dan mereka menerima perawatan karena cedera kepala, leher, dan tulang belakang.

"Tidak ada yang berada dalam situasi yang mengancam jiwa," kata pejabat kedutaan. Anggota kru tersebut telah menjalani dua operasi dan keluarganya akan terbang ke Bangkok untuk menemuinya.

Pejabat itu menambahkan bahwa satu penumpang wanita lanjut usia tidak sadarkan diri.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Korban Turbulensi Parah Singapore Airlines yang Dirawat di RS"