Hagia Sophia

24 May 2024

Artefak Manusia Purba Berusia 44 Ribu Tahun Ditemukan di Timor Leste

Ilustrasi Manusia Purba. Foto: (Getty Images/iStockphoto/AdrianHillman)

Sebuah artefak batu dan tulang belulang binatang ditemukan di sebuah gua dalam di bagian utara Timor Leste. Penemuan ini pun mengungkapkan adanya kehidupan manusia purba lebih dari 35.000 tahun sebelum orang-orang Mesir membangun piramida pertama.

Para arkeolog dari beberapa universitas di Australia dan Inggris mengatakan bahwa ribuan artefak batu dan tulang belulang binatang yang ditemukan di sebuah gua, yang dikenal sebagai tempat berlindung batu Laili, di bagian utara Timor Leste, mengindikasikan bahwa manusia purba pernah tinggal di sana sekitar 44.000 tahun yang lalu.

Para peneliti mengatakan bahwa analisis mereka terhadap sedimen dalam yang berasal dari 59.000 hingga 54.000 tahun yang lalu, dari gua dan lokasi lain dari Timor Leste menunjukkan 'tanda kedatangan' yang menunjukkan bahwa manusia tidak ada di wilayah tersebut sebelum 44.000 tahun yang lalu.

"Tidak seperti situs-situs lain di wilayah ini, tempat berlindung batu Laili menyimpan sedimen dalam yang tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas tentang pendudukan manusia," kata Shimona Kealy, seorang arkeolog dan ahli paleobiologi dari Australian National University sebagaimana dikutip detikINET dari Al Jazeera.

Profesor dan arkeolog dari Australian National University, Sue O'Connor, mengatakan bahwa endapan yang baru saja diteliti ini memberikan informasi mengenai kapan manusia tiba di Pulau Timor.

"Tidak adanya manusia di Pulau Timor lebih awal dari setidaknya 50.000 tahun yang lalu merupakan hal yang signifikan karena mengindikasikan bahwa manusia purba ini tiba di pulau ini lebih lambat dari yang diyakini sebelumnya," kata O'Connor.

Para peneliti dari Australian National University (ANU), Flinders University, University College London (UCL) dan ARC Centre of Excellence for Australian Biodiversity and Heritage telah mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal Nature Communications minggu ini.

Penemuan baru di Timor Leste ini adalah yang terbaru di wilayah yang dikenal dengan beberapa penemuan arkeologi paling kuno yang memberikan wawasan tentang kehidupan manusia purba, selain di negara tetangganya Indonesia dan Australia.

Pulau Timor terletak di sebelah selatan pulau Sulawesi, Indonesia, di mana para peneliti percaya bahwa lukisan oker seukuran babi berkutil berusia 45.500 tahun bisa jadi merupakan lukisan seni cadas tertua di dunia.

Basran Burhan, seorang arkeolog Indonesia dari Sulawesi Selatan dan mahasiswa PhD Griffith yang memimpin survei yang menemukan lukisan tersebut, mengatakan tentang penemuan pada tahun 2021 bahwa manusia telah memburu babi berkutil Sulawesi selama puluhan ribu tahun.

"Babi ini adalah hewan yang paling sering digambarkan dalam seni cadas zaman es di pulau ini, menunjukkan bahwa mereka telah lama dihargai baik sebagai makanan maupun sebagai fokus pemikiran kreatif dan ekspresi artistik," kata Burhan.

Sebelumnya, tim ini juga menemukan lukisan berusia 44.000 tahun di gua Sulawesi lainnya, yang menggambarkan para pemburu setengah manusia yang menggunakan tombak dan tali untuk mengejar binatang buas. Penemuan lukisan tersebut dinobatkan sebagai salah satu dari 10 terobosan ilmiah terbaik di tahun 2020 oleh majalah Science.

Banyak situs warisan budaya tertua di dunia ditemukan di Australia di sebelah selatan Timor Leste dan Indonesia.

Suku Aborigin yang tinggal di Australia memiliki salah satu budaya hidup berkelanjutan tertua di dunia, seperti yang didokumentasikan oleh bukti arkeologi yang berasal dari setidaknya 60.000 tahun yang lalu.

Di Murujuga di barat laut Australia, diperkirakan ada satu juta petroglif termasuk ukiran batu yang berasal dari 40.000 tahun yang lalu. Ukiran-ukiran tersebut mencakup gambar hewan yang kini telah punah, termasuk walabi ekor kuku dan thylacine, yang juga dikenal sebagai harimau Tasmania. Lanskap Budaya Murujuga secara resmi dinominasikan untuk status Warisan Dunia UNESCO pada awal tahun ini.

"Murujuga adalah lanskap yang sangat bertingkat di mana nenek moyang Ngarda-Ngarli hidup dan berkembang selama ribuan generasi," kata CEO Murujuga Aboriginal Corporation, Kim Wood.

"Setiap bagian dari lanskap ini terukir dengan sejarah, budaya, dan pengetahuan yang telah mengelola Ngurra [kata untuk 'negara' dalam bahasa gurun asli Australia Barat] selama 50.000 tahun," kata Wood.

Namun beberapa pemilik tradisional telah menyatakan keprihatinannya bahwa Murujuga dapat menjadi situs warisan Pribumi terbaru di Australia yang akan rusak atau hancur, karena proyek gas di daerah tersebut.

Meskipun Daftar Warisan Dunia UNESCO dapat membuat petroglif tersebut dilindungi, pemerintah negara bagian Australia Barat tahun lalu membatalkan undang-undang warisan budaya yang diperkenalkan untuk melindungi situs warisan budaya setelah perusahaan tambang raksasa Rio Tinto menghancurkan situs warisan budaya berusia 46.000 tahun di Juukan Gorge, sekitar 1.075 km (668 mil) di sebelah utara Perth.

Penghancuran tempat penampungan Juukan Gorge pada Mei 2020 memicu kemarahan yang meluas, sehingga mendorong CEO Rio Tinto untuk mengundurkan diri dan laporan pemerintah Australia berjudul Never Again, yang merekomendasikan agar raksasa tambang tersebut memberlakukan moratorium penambangan di daerah tersebut dan merehabilitasi situs-situs suci.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ditemukan Artefak Manusia Purba Berusia 44 Ribu Tahun di Timor Leste"