Hagia Sophia

12 May 2024

Kurang Minum Air Putih Bisa Gagal Ginjal? Ini Kata Dokter

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen)

Memenuhi kebutuhan cairan setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kekurangan air putih juga dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan khususnya pada ginjal.

Dokter spesialis penyakit dalam Yunita Indah Dewi, SpPD mengatakan air putih memang wajib dikonsumsi oleh setiap orang. Namun kekurangan konsumsi air putih tidak langsung serta merta membuat kerusakan organ dan mengharuskan seseorang harus cuci darah.

"Jarang minum air putih aja tidak akan langsung menyebabkan langsung cuci darah ya. Kecuali dia mencret, muntah-muntah, tidak tertangani dehidrasinya mungkin dia akan mengalami gangguan fungsi ginjal," ujar dr Yunita saat dihubungi detikcom, Kamis (9/5/2024).

Pada kasus di atas, lanjut dr Yunita, selain jarangnya meminum air putih dan seringnya mengonsumsi minuman-minuman manis ini akan membuat tugas dari ginjal semakin berat. Organ tersebut memiliki tugas penting untuk "mencuci" kandungan gula dalam tubuh.

"Pada kasus anak ini kan dia suka minum manis, siapa tahu dia tercetus diabetes pada usia dini juga bisa. Akhirnya menyebabkan gula dia sangat tinggi, tidak ketahuan bertahun-tahun," kata dr Yunita.

"Karena tidak ketahuan bertahun-tahun, tidak terkontrol, makannya dia bisa los. Akhirnya gula-gula itu masuk ke ginjal, ditambah dia jarang minum air putih. Akhirnya tugas ginjalnya semakin berat, tidak ada bantuan dari air putih untuk proses filtrasi gula-gula itu, lama-lama terjadi gagal ginjal. Lalu ada juga zat-zat pewarna yang juga tidak diketahui (dari minuman kemasan)," sambungnya.

Dokter Yunita menegaskan jika tidak murni orang yang jarang atau bahkan tidak suka meminum air putih akan serta merta mengalami gagal ginjal. Namun, kurangnya bantuan air putih untuk proses filtrasi di ginjal, terlebih ditambah sering konsumsi minuman manis, akan lebih mempercepat organ tersebut untuk rusak.

"Jadi tidak murni orang yang kurang minum air putih terus bisa jadi gagal ginjal, pasti ada faktor yang memperberat lainnya. Mungkin dia ada penyakit lainnya seperti kista, kelainan dari sisi ginjal yang bawaan dari lahir. Dengan sedikitnya ia minum (air putih) membuat fungsi ginjalnya makin turun," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Kurang Minum Air Putih Bisa Bikin Gagal Ginjal? Ini Kata Dokter"