Hagia Sophia

29 May 2024

Ramuan Herbal Ini Cocok untuk Tingkatkan Imun Saat COVID-19 Meningkat

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/5second)

Meningkatkan daya tahan tubuh di kala cuaca tak menentu dan kasus COVID-19 meningkat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini tentu saja penting agar tubuh tetap sehat dan tidak terpapar dengan berbagai penyakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh setiap hari adalah dengan mengonsumsi jamu. Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menuturkan salah satu ramuan sederhana yang bisa dibuat di rumah adalah campuran jahe, kunyit, dan serai.

dr Inggrid berkata bahwa ramuan sederhana tersebut selain baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, juga bisa membantu meredakan batuk dan pilek serta memelihara fungsi pencernaan.

"Jadi kalau kita ada kembung atau mulai sedikit diare, kita bisa konsumsi itu untuk menormalkan kembali," ujar dr Inggrid ketika ditemui di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Senin (27/5/2024).

Lantas bagaimana cara membuat ramuan tersebut? Pertama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan jahe, kunyit, dan serai untuk dibuat ramuan. dr Inggrid mengingatkan jumlah jahe, kunyit, dan serai yang digunakan bisa menyesuaikan pasien yang akan mengonsumsi ramuan tersebut.

"Jadi misalnya jahenya kita bisa ambil 10-20 gram, itu bisa kira-kira satu jempol yang mau minum. Misalnya kita mau kasih buat anak kita, jahe satu jempol. Bukan satu jempol kita, tapi satu jempolnya anak kita," jelasnya.

Siapkan jahe sebanyak satu jempol, kunyit satu sampai dua jari, dan serai satu batang. Geprek serai dan iris tipis-tipis jahe serta kunyit yang sudah disiapkan.

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mengolah ramuan tersebut, yaitu direbus dan diseduh. Apabila pasien masih belum terbiasa mengonsumsi jamu, membuatnya dengan cara diseduh menjadi cara yang disarankan.

Namun, agar ramuan yang dibuat dapat berefek lebih maksimal, mengolah dengan cara direbus langsung lebih dianjurkan.

"Misal diseduh itu direndam selama 5-10 menit, cuma itu rasanya akan lebih mild dan belum terlalu banyak zat-zat aktif yang bisa tersarikan. Kalau zat-zat aktifnya bisa tersarikan sampai larut itu bagusnya direbus," ujarnya.

"Kalau mau manis bisa dicampur madu misalnya. Kan madu juga baik untuk meningkatkan daya tubuh ya. Tapi madu murni ya, misalnya 2 sendok teh ke dalam gelas terus diaduk. Tapi jangan dalam keadaan mendidih saat memasukkan madu karena bisa merusak kandungan madunya," jelas dr Inggrid.

Ramuan jahe, kunyit, dan serai bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 kali sehari untuk menjaga imunitas tubuh.

"Tapi kalau kita misalnya ternyata sudah ketularan sakit, batuk, pilek, demam, atau mungkin bisa COVID, itu bisa ditambah minum 3-4 kali," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "COVID Naik Lagi, Ramuan Herbal Ini Cocok Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imun"