Hagia Sophia

14 May 2024

Berbagai Manfaat Kelengkeng bagi Tubuh Serta Efeknya untuk Kesehatan

Buah lengkeng atau kelengkeng. Foto: Getty Images/iStockphoto/jchizhe

Lengkeng atau kelengkeng adalah buah manis yang termasuk dalam famili soapberry. Buah bernama latin Dimocarpus longan ini mirip leci, dengan daging buah berwarna putih dan biji hitam.

Selain enak disantap, buah lengkeng kaya manfaat. Masyarakat Tiongkok menggunakan ekstrak minyak atsirinya untuk pengobatan sejak zaman dahulu. Berikut penjelasan manfaat dan kandungan lengkeng.

Kandungan Lengkeng

Dilansir dari laman Healthifyme, berikut kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam 100 gram lengkeng:
  • Kalori: 60 kkal
  • Karbohidrat: 15,14 g
  • Protein: 1,31 g
  • Serat: 1,10 g
  • Lemak: 0,10 g
  • Vitamin C: 84 mg (140% dari DV/ Daily Value)
  • Kalium: 266 mg (7,6% dari DV)
  • Fosfor: 21 mg (8,5% dari DV)
  • Tembaga: 0,17 mg (2,6% dari DV)
  • Mangan: 0,05 mg (2,6% dari DV)
  • Zat Besi: 0,13 mg (0,7% dari DV)

9 Manfaat Lengkeng Bagi Tubuh

Khasiat lengkeng ini mungkin bisa meningkatkan motivasi detikers untuk makan lengkeng dan buah-buahan bernutrisi lainnya.

1. Meningkatkan Daya Ingat Otak
Lengkeng dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak melalui ekstrak buahnya. Penelitian menyebutkan jika lengkeng bekerja dalam struktur otak untuk membantu memproses ingatan dan mengurangi risiko alzheimer.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C ternyata efektif untuk mengecilkan tanda penuaan dini seperti pigmentasi, noda, garis halus, hingga kerutan. Lengkeng juga membantu membentuk kolagen dalam memudahkan pembentukan sel kulit baru dan melindungi dari oksidasi sampai pecah-pecah sehingga tampak awet muda.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur
Aktivitas ansiolitik lengkeng dapat menurunkan stress atau kecemasan melalui kortisol. Sehingga hal ini berdampak pada kecepatan waktu tidur dan meningkatkan kualitas tidur bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Pengobatan tonik lengkeng ini telah dikenal sejak zaman dahulu oleh masyarakat Tiongkok.

4. Meningkatkan Imunitas
Buah lengkeng menunjukkan sifat anti mikroba yang kuat untuk melawan infeksi dan membantu sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah ini dapat mencukupi kebutuhan sel darah putih dan mengurangi efek buruk dari radikal bebas. Infus herbal lengkeng juga dikenal efektif untuk mencegah kelainan pernapasan, pilek, sakit tenggorokan, dan demam.

5. Anti Inflamasi
Seluruh bagian lengkeng mengandung asam ellagic, epicatechin, dan asam galat sebagai anti inflamasi. Konsumsi daging buahnya saja diteliti sudah cukup untuk mengurangi zat inflamasi dalam tubuh.

6. Meningkatkan Libido
Lengkeng telah dikenal sejak 400 tahun lalu sebagai suplemen tradisional untuk meningkatkan gairah seks pria dan wanita di Tiongkok. Sebuah penelitian membuktikan jika lengkeng berperan untuk mengobati disfungsi ereksi, meningkatkan kesehatan seksual, stamina, dan libido.

7. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada lengkeng bermanfaat untuk mengatasi risiko anemia. Meskipun terbilang kecil, peranannya dapat merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh.

8. Melindungi dari Penyakit Kronis
Antioksidan berperan dalam melepaskan radikal bebas penyebab kerusakan sel jaringan dan organ. Oleh sebab itu konsumsi lengkeng dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit kronis yang ada dalam tubuh seperti stroke hingga penyakit jantung.

9. Penambah Energi
Kandungan gula pada lengkeng dapat bekerja maksimal sebagai penambah energi. Rasanya yang manis dan berair mampu menjadi tambahan energi instan sekaligus menjadi kafein pengganti kopi yang lebih menyehatkan.

Risiko Konsumsi Lengkeng Berlebihan

Makan lengkeng berlebihan ternyata bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya

Meningkatkan Gula Darah
Setiap 100 gram lengkeng mengandung 65 gram gula yang berbahaya bagi pengidap diabetes. Konsumsi lengkeng pada pasien diabetes dan penyakit lain harus dengan pengawasan dokter.

Keracunan Pestisida
Buah lengkeng rentan terserang hama sehingga petani menggunakan pestisida untuk melindunginya. Detikers dapat memilih lengkeng organik atau mengupas tanpa menggigitnya.

Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Ibu hamil yang makan lengkeng dapat mengalami hot flashes yang meningkatkan suhu tubuh. Akibatnya mulut akan kering dan perut mengalami sembelit, sehingga menyebabkan komplikasi kehamilan.

Lengkeng sebaiknya dikonsumsi secukupnya sambil diselingi dengan buah lain yang bernutrisi. Perlu diketahui, lengkeng juga mampu melindungi tubuh dari kanker yang manis dan menyegarkan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Manfaat Lengkeng bagi Tubuh serta Efek Sampingnya"