Hagia Sophia

14 May 2024

Manfaat Konsumsi Air Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Jaga Kesehatan Hati

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Darya Arnautova

Mengkonsumsi segelas air kunyit setiap hari dapat menjadi langkah yang efektif untuk mencegah masalah kulit serta berbagai gangguan kesehatan lainnya. Meskipun aroma kunyit yang khas mungkin menantang bagi beberapa orang, namun khasiat yang terkandung dalam air kunyit tersebut dapat menjadi solusi yang sangat berharga yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari situs The Economic Times, berikut adalah 7 manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi air kunyit bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah Peradangan Kronis
Kurkumin, senyawa bioaktif yang terdapat dalam kunyit, telah terbukti memiliki efek antioksidan yang signifikan. Sifat antioksidan alami ini mampu melindungi tubuh dari peradangan kronis yang sering menjadi pemicu berbagai penyakit serius seperti kanker, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Cobalah untuk mengkonsumsi air kunyit secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan keseluruhan tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini
Stres oksidatif dapat mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan masalah seperti kerontokan rambut. Radikal bebas dapat berinteraksi dengan asam lemak dan DNA dalam tubuh, menyebabkan pembentukan kerutan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun, kurkumin, senyawa di dalam kunyit telah terbukti efektif dalam mengatasi radikal bebas ini, membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh mereka.

3. Memperbaiki Masalah Kulit
Karena memiliki sifat antibakteri yang kuat, kunyit memiliki kemampuan yang signifikan dalam merawat kulit yang cenderung berjerawat. Tidak hanya itu, kunyit juga dapat meningkatkan kecerahan kulit yang tidak merata secara alami. Selain itu, senyawa aktif dalam kunyit, terutama kurkumin, dapat merangsang produksi kolagen dan mengurangi produksi melanin berlebih sehingga dapat meningkatkan kecerahan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Hati
Kunyit memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung karena sifat antioksidannya. Senyawa-senyawa dalam kunyit membantu melancarkan peredaran darah, menjaga arteri tetap elastis, dan mengurangi kadar kolesterol berlebihan.

5. Mencegah Kanker
Beberapa penelitian mengungkapkan kunyit, dengan senyawa kurkuminnya, memiliki potensi sebagai agen anti-kanker. Penggunaan rutin rempah-rempah ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh, menunjukkan kemungkinan untuk menjadi bagian dari strategi pencegahan atau pengobatan kanker yang holistik.

6. Mengobati Masalah Kesehatan Usus
Karena kurkumin memiliki sifat anti-peradangan yang kuat, senyawa ini dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi beberapa kondisi usus yang sensitif, termasuk sindrom radang usus/ inflammatory bowel syndrome. Selain itu, kemampuan kurkumin untuk mengurangi peradangan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan, memastikan fungsi usus yang optimal, dan menjaga kebiasaan buang air besar yang teratur.

7. Meningkatkan Kesehatan Kognitif
Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kunyit secara teratur setiap hari memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan kognitif, seperti Penyakit Alzheimer. Efek positif ini diyakini berasal dari sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh rempah-rempah ini. Mekanisme kerjanya melibatkan perlindungan terhadap sel-sel otak dari kerusakan dan penumpukan endapan amiloid yang dapat mengganggu fungsi kognitif.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Manfaat Minum Air Kunyit, Termasuk Menjaga Kesehatan Hati"