Hagia Sophia

25 May 2024

Penumpang Ini Lolos dari Cedera Saat Pesawat Singapore Airlines Turbolensi Parah

Singapore Airlines. (Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha)

Salah satu penumpang Singapore Airlines, pelajar dari Malaysia, Dzafran Amir, bisa saja tidak mengenakan sabuk pengaman selama perjalanan London ke Singapura lantaran segala sesuatunya tampak berjalan lancar. Namun, ia memilih untuk tetap mengencangkan sabuk pengamannya.

Turbulensi parah tak lama terjadi saat tanda sabuk pengaman di pesawat SQ321 dimatikan dan awak pesawat sedang menyajikan makanan. Orang-orang sedang berjalan-jalan dan beberapa di antaranya mengantre ke toilet.

"Saya pikir orang-orang akan santai saja (dalam situasi seperti itu). Aku hanya tidak melepaskan sabuk pengaman ketika tandanya mengatakan kamu boleh melepaskan sabuk pengaman. Saya biarkan saja," katanya.

Pria berusia 28 tahun itu lolos dari kecelakaan tanpa cedera fisik sedikitpun ketika pesawat mengalami turbulensi ekstrem pada Selasa, yang memicu penumpang tidak terikat sabuk pengaman terbang ke langit-langit pesawat sebelum terbanting kembali.

Geoff Kitchen, seorang pria Inggris 73 tahun yang dikatakan telah melayani komunitas lokalnya selama beberapa dekade, meninggal dalam penerbangan tersebut. Manajer Umum Bandara Suvarnabhumi Kittipong Kittikachorn menyebut serangan jantung kemungkinan besar menjadi penyebab kematian.

Dzafran, yang kini kembali ke Malaysia untuk liburan musim panasnya menyebut melewati turbulensi ini seperti berada di puncak atau jurang roller coaster yang sangat tinggi.

"Anda memiliki antisipasi untuk naik. Dan pada saat itu, saya merasa perlu mengencangkan sabuk pengaman saya dan semacam mengamankan diri karena pada saat itu, ketika pesawat mulai berhenti dan kemudian menukik ke bawah, itulah yang menyebabkan segalanya menjadi sangat, sangat buruk di dalam pesawat," ceritanya kepada CNA's Singapore Tonight pada hari Rabu.

Dzafran awalnya mengira itu adalah turbulensi biasa dan menunggu pesawat melewatinya. Namun, situasinya dengan cepat menjadi membingungkan ketika pesawat mulai bergetar semakin hebat.

"Orang-orang yang tidak aman, langsung terbanting ke atas kabin, menabrak bagian atas bagasi atau lampu di mana letak kompartemen masker oksigen," ujarnya.

"Kemudian, mereka terbanting ke sandaran lengan mereka, punggung mereka terbentur, kepala mereka terbentur sesuatu. Semuanya terjadi dalam sekejap," katanya, seraya menambahkan bahwa orang-orang langsung terengah-engah dan berteriak.

Ketika turbulensi mereda, ada pengumuman untuk mengakui apa yang telah terjadi dan seruan bagi para profesional medis yang bisa secara sukarela memeriksa para penumpang.

Beberapa orang menjawab panggilan tersebut dan melakukan beberapa putaran untuk memberikan triase dasar, kata Dzafran.

"Para penumpang juga disuruh duduk dan menunggu, namun pada saat yang sama, di tengah kekacauan dan kebingungan ini, saya merasa bahwa orang-orang, tidak dapat benar-benar menyerap apa yang harus diprioritaskan, apa yang sedang terjadi," dia berkata.

Orang-orang yang tidak terluka sedang berjalan-jalan mencari ponsel mereka, yang terlepas dari tangan mereka karena kekuatan turbulensi, tambahnya. Mereka segera mencari cara untuk berhubungan dengan orang yang mereka cintai.

Sampai akhirnya dia tidak menyadari tingkat kerusakan pesawat dan cedera banyak penumpang begitu parah, hingga harus melakukan pendaratan darurat di Bangkok.

"Panel-panel di atas kepala kami, panel-panel tersebut benar-benar rusak dan hancur akibat benturan kepala dan tubuh orang-orang. Anda hanya linglung, dalam arti tertentu, tidak menyadari apa yang sedang terjadi," katanya.

Setelah mendarat di Bangkok, petugas medis dan perawat memeriksa para penumpang.

"Setelah beberapa saat, kami mulai melihat mereka mulai membuka pintu darurat. Orang-orang dari tim penyelamat pemadam kebakaran datang dan saat itulah tandu datang untuk membantu menangani para korban yang terluka sangat parah, mereka yang tidak bisa bangun dan tidak bisa berjalan serta perlu digendong," dia berkata.

"Saya pikir itu mungkin salah satu momen yang paling mengerikan dan juga mengejutkan."

Dalam perjalanan menuju Bangkok, ia tidak tahu seberapa parah luka yang dialami rekan-rekannya karena ia hanya bisa melihat mereka yang tampak mengalami luka ringan. Penumpang yang tidak terluka turun, meninggalkan penumpang yang mengalami luka ringan atau sedang untuk mendapatkan perawatan.

"Itu adalah pendekatan yang sangat baik yang dilakukan pihak bandara dan staf di SIA dalam hal memastikan bahwa baik korban cedera maupun tidak terluka dirawat dengan baik, dan menurut saya secara keseluruhan prosesnya sangat lancar," tambahnya.

Meskipun ia merasa cemas dan lelah atas kejadian tersebut, ia mengatakan hal ini berubah menjadi kelegaan ketika penerbangan bantuan SIA tiba sekitar tujuh hingga delapan jam kemudian untuk membawa para penumpang ke Singapura.

"(Ada) perasaan bahwa cobaan telah berakhir. Kami masuk ke dalam pesawat itu dan menerima pesan yang sangat menghibur dari kru SIA," kata Dzafran, yang bersyukur tidak mengalami cedera fisik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lolos dari Cedera, Ini Cara Penumpang Singapore Airlines 'Survive' saat Turbulensi Parah"