Hagia Sophia

25 May 2024

Berbagai Obat Cantengan yang Mudah Ditemukan

Foto: Getty Images/Staras

Cantengan adalah kondisi ketika kuku kaki tumbuh ke dalam kulit. Kondisi yang disebut juga dengan onychocryptosis ini dapat menimbulkan bengkak dan rasa sakit luar biasa yang sampai membuat sulit berjalan.

Ingrown toenails atau cantengan termasuk masalah kaki yang umum. Kondisi ini bisa terjadi saat kamu memotong kuku terlalu pendek atau memotong terlalu runcing di bagian ujungnya. Sehingga ketika kuku tumbuh, justru dapat masuk dan tumbuh ke dalam kulit.

Penyebab lain cantengan, dilansir Cleveland Clinic, yaitu jari kaki pernah tersandung atau terinjak, menggunakan sepatu yang terlalu pas, dan kebersihan kaki yang kurang.

Cantengan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada sebagian orang bisa pula kian parah karena infeksi bakteri akibat kulit yang rusak. Dan hal ini dapat membuatnya semakin terasa sakit.

Kalau sudah begitu, cantengan perlu segera diobati. Untuk kasus ringan, pengobatan rumahan bisa dilakukan. Pada kasus yang serius mungkin memerlukan tindakan operasi. Mau tahu obat canteng apa yang dapat digunakan? Simak di bawah ini.

Obat Cantengan Alami

Cantengan dapat diobati dengan perawatan rumahan untuk meredakan rasa sakit dan mencegah infeksi. Berikut pengobatan alami cantengan yang disarankan oleh spesialis podiatri, Dr Georgeanne Botek, DPM.

1. Air Garam
Untuk kasus ringan, cantengan dapat diobati dengan cara merendam kaki di air garam. Bisa gunakan garam epsom dan air hangat dalam ember atau wadah. Lalu rendam kaki yang cantengan selama 10-20 menit per hari. Cara ini dapat mengurangi peradangan pada cantengan.

2. Air Sabun
Air sabun juga dapat digunakan untuk mengobati cantengan. Kamu dapat pilih produk sabun yang gentle, seperti sabun castile. Merendamkan kaki di air sabun hangat selama 10-20 menit juga dapat meredakan peradangan pada cantengan sekaligus melembutkan area kulit sekitarnya.

Setelah merendamkan kaki, keringkan jari kaki kering secara menyeluruh dengan handuk atau kain bersih untuk mencegah infeksi.

3. Cuka Apel
Cuka apel bisa dipakai untuk mengatasi cantengan. Ini karena cuka apel mengandung asam asetat yang dipercaya sebagai antiseptik, antiinflamasi, dan dapat menghilangkan rasa sakit.

Untuk melakukan cara ini, cukup siapkan air hangat dalam wadah dan campurkan dengan 60 ml cuka apel. Kemudian rendam kaki hingga 20 menit. Jangan gunakan terlalu banyak cuka apel karena dapat membuat kulit terbakar.

4. Salep Antibiotik
Salep antibiotik dapat dioleskan agar cantengan sembuh. Salep ini bekerja untuk mencegah infeksi dengan menghambat perkembangan dan membunuh bakteri serta jamur penyebabnya. Salep antibiotik yang dipilih bisa yang mengandung clotrimazole.

5. Obat Pereda Nyeri
Obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan asetaminofen dijual bebas di apotek. Obat ini dapat bantu mengurangi rasa sakit akibat infeksi dan bengkak cantengan. Setelah minum obat tersebut, kamu mungkin akan mengalami efek samping seperti sakit perut dan diare. Perhatikan juga dosis dan arahan dokter saat mengkonsumsi obat ini.

6. Salep Antiseptik
Cantengan dapat diobati dengan mengoleskan salep antiseptik yang mengandung neomisin, basitrasin, atau polimiksin B. Salep ini bekerja mengurangi risiko infeksi dengan membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab cantengan.

7. Petroleum Jelly
Petrolatum atau petroleum jelly disebut sama efektifnya dengan salep antibiotik untuk mengobati cantengan. Bahan ini dapat mencegah kulit kering, gatal, dan kasar. Oleskan petroleum jelly setelah merendam kaki dan mengeringkannya untuk pengobatan cantengan yang efektif.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Obat Cantengan Kaki yang Ampuh dan Aman Digunakan"