Hagia Sophia

25 May 2024

Sejumlah Manfaat Konsumsi Hati Ayam untuk Kesehatan

Ilustrasi menu hati ayam. Foto: Getty Images/iStockphoto/derketta

Jika kamu mencari makanan kaya nutrisi yang murah dan mudah didapat, maka hati ayam adalah solusinya. Di Indonesia, hati sapi lazim dimakan, bahkan disukai banyak kalangan.

Berdasarkan situs Grassland Beef, 100 gram hati sapi mengandung beberapa nutrisi, antara lain 172 kalori, 1,11 gram karbohidrat, 6,43 gram lemak, 25,8 gram protein, vitamin A sebanyak 288% AKG, vitamin C 5% AKG, vitamin B 42% AKG, folat 140% AKG, vitamin B12 352% AKG, zat besi 72% AKG, dan sebagainya.

Simak 7 manfaat hati ayam bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ketahui juga risiko mengkonsumsi hati ayam, terutama bagi orang dengan kondisi tertentu.

Manfaat Hati Ayam

Berikut ini sejumlah manfaat hati ayam yang baik bagi kesehatan:

1. Sumber Vitamin A
Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, hati ayam merupakan sumber vitamin A yang terdiri dari retinoid dan karotenoid.

Spesialis nutrisi dan penyakit metabolik anak dari Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, dr Novitria Dwinanda, SpA (K), mengatakan vitamin A memiliki banyak fungsi.

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga bisa memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas. Bagi bayi dan anak-anak, vitamin A mampu menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Padat Nutrisi
Dikutip dari WebMD, hati ayam adalah makanan kaya nutrisi, seperti zat besi, riboflavin, vitamin B12, vitamin A, protein, dan tembaga dalam jumlah yang signifikan.

Mengkonsumsi satu porsi hati ayam akan membantu memenuhi jumlah vitamin dan mineral yang direkomendasikan per hari.

3. Mencegah Anemia
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan beberapa kondisi, seperti anemia, kelelahan, otot lemah, dan kurang fokus. Kandungan zat besi dan vitamin B12 sangat baik untuk mencegah anemia dengan tetap menjaga jumlah sel darah.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Hati juga mengandung vitamin K yang penting untuk tulang. Vitamin K membantu tubuh memproses kalsium dan menambahkannya ke dalam tulang. Tulang yang kuat mencegah kita mengalami kondisi seperti osteoporosis.

5. Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak
Vitamin B12 yang dikandung hati ayam sangat penting untuk fungsi sistem saraf agar tetap sehat. Kekurangan vitamin B12 membuat tubuh merasa lelah dan tidak berenergi. Hal ini juga menimbulkan masalah pada daya ingat dan fungsi otak.

6. Sumber Vitamin C Langka
Menurut Grassland Beef, hati ayam juga mengandung vitamin C. Kandungan ini langka karena biasanya vitamin C banyak diperoleh dari bahan nabati. Vitamin C ini baik untuk kesehatan gusi dan gigi, rambut dan kulit kering, dan anemia.

7. Sumber Kalori dari Protein
Hati ayam mengandung lebih dari 25% protein per kalori, sehingga cocok dijadikan sumber protein yang baik. Namun angka ini masih lebih rendah dibandingkan kalori dari dada ayam yang jumlahnya 30%.

Risiko Mengkonsumsi Hati Ayam

Meski banyak manfaat, mengkonsumsi hati ayam juga bisa berisiko bagi orang dengan kondisi tertentu. Berikut di antaranya:

1. Bayi Lahir Cacat
Dikutip dari Healthline, mengkonsumsi hati ayam berlebih dapat memberikan asupan vitamin A yang juga berlebih. Penelitian tahun 1995 menyebut kelebihan vitamin A dikaitkan dengan cacat pada bayi yang baru lahir.

Asupan vitamin A yang dapat ditoleransi orang dewasa adalah 3.000 mikrogram. Ahli tidak menyarankan wanita hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi vitamin A melebihi kebutuhan harian.

2. Asam Urat
Gout atau asam urat adalah jenis radang sendi akibat kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Hati ayam dan jeroan lainnya mengandung purin yang tinggi, sehingga membuat asam urat menumpuk dalam tubuh.

3. Kolesterol
Dikutip dari WebMD, hati ayam juga mengandung kolesterol yang tinggi. Hal ini tentu tidak baik bagi orang berusia lanjut, orang dengan kelebihan berat badan, hingga berisiko penyakit jantung.

4. Toksisitas Tembaga
Hati sapi mengandung banyak tembaga. Tubuh biasanya dapat membuang kelebihan tembaga secara efisien. Namun jika konsumsi tembaga berlebihan, maka dapat berisiko mengalami penyakit Wilson, yakni tubuh menyimpan tembaga dan tidak mengeluarkannya.

Gejala keracunan tembaga ini termasuk mual, sakit perut, muntah, dan diare. Beberapa kasus berat dapat menyebabkan kerusakan hati dan kematian.

Nah, itulah tadi telah kita ketahui kandungan serta 7 manfaat hati ayam bagi kesehatan tubuh, lengkap dengan risikonya jika dikonsumsi berlebihan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatan dan Risikonya"