Hagia Sophia

25 May 2024

Minum Teh Usai Makan Bakso Sebaiknya Dihindari, Benarkah?

Minum teh usai makan bakso, bolehkah? (Foto: Getty Images/ferlistockphoto)

Ada imbauan untuk tidak minum teh setelah makan bakso maupun makanan lainnya. Sebab katanya, ada kandungan dalam teh yang bisa menghambat proses penyerapan nutrisi.

Di sisi lain, ada yang menyangkal imbauan tersebut dan menganggap minum teh, khususnya teh hijau, usai makan merupakan praktik yang baik. Alasannya karena di dalam teh ada kandungan yang dapat membantu proses pencernaan setelah makan.

Lantas, manakah yang benar? Apakah teh boleh diminum sesudah makan atau tidak? Mengingat sebagian masyarakat Tanah Air kerap mengkonsumsi teh terutama teh hitam setelah makan.

Benarkah Minum Teh Usai Makan Bakso Perlu Dihindari?

Merujuk catatan detikHealth, spesialis gizi klinik, dr Putri Sakti, MGz, SpGK, AIFO-K, CBBF, membenarkan imbauan untuk sebaiknya tidak segera konsumsi teh setelah makan bakso. Lantaran di dalam teh terkandung tanin.

Tanin merupakan zat antinutrisi yang dapat membentuk senyawa kompleks tidak larut. Senyawa ini nantinya akan mempengaruhi kemampuan protein untuk dicerna oleh enzim pencernaan.

"Senyawa komplek tersebut akan mengurangi daya cerna protein dan saat berikatan dengan enzim di saluran pencernaan, maka aktivitas enzim tersebut juga akan menurun," jelas dr Putri beberapa waktu lalu.

Selain itu, tanin juga bisa mengikat vitamin B dan banyak mineral termasuk zat besi, zinc, serta kalsium. Akibatnya, nutrisi-nutrisi tersebut sulit diserap oleh tubuh.

Jika kondisi seperti itu sering terjadi, dilansir laman Lybrate, tubuh akan terus kekurangan zat yang dibutuhkannya. Dan hal ini bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Walau Demikian, dr Putri tidak melarang minum teh secara keseluruhan. Diperbolehkan sesekali minum teh sesudah makan, asal masih dalam batas wajar. Hendaknya juga pilih teh yang cair dan tidak terlalu pekat.

Kapan Teh Sebaiknya Boleh Diminum? Sebelum atau Setelah Makan?

Teh sebaiknya tidak diminum langsung setelah makan. Teh juga tidak dianjurkan dikonsumsi selama dan bersamaan dengan makanan.

Mengutip Times of India, waktu terbaik minum teh yaitu 1-2 jam setelah selesai makan maupun sebelum makan. Konsumsi teh pada waktu tersebut, terutama teh hijau, bisa bantu memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Minuman Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Makan?

Setelah makan, dr Putri membeberkan agar sebaiknya konsumsi minuman yang tidak mengandung tanin.

"Iya lebih baik lagi kalau memilih minuman selain sumber tanin," ujarnya.

Minuman "bebas tanin" yang aman diminum setelah makan, seperti air putih, jus jeruk, susu, kombucha, dan kefir. Dilansir Healthline, sejumlah minuman ini bisa bantu penyerapan nutrisi makanan, meningkatkan kesehatan dan bantu cegah peradangan di usus.

Itu tadi penjelasan untuk tidak minum teh setelah makan bakso maupun makanan lainnya. Lantaran dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Sebaiknya Tidak Minum Teh Usai Makan Bakso? Begini Kata Ahli"