Hagia Sophia

25 May 2024

Apa Saja Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan?

Foto: Getty Images/iStockphoto/ideation90

Daun sambung nyawa sering ditemui di dapur sebagai bumbu masakan. Daun ini memiliki nama Latin Gynura procumbens. Asal-usul daun ini mencakup wilayah Afrika, Asia Tenggara, dan Tiongkok.

Dalam bahasa lain, daun sambung nyawa memiliki nama yang juga merujuk pada berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Misalnya dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut longevity spinach.

Lalu, apa saja manfaat daun sambung nyawa bagi kesehatan? Simak di artikel berikut.

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan.

1. Mencegah Hipertensi dan Melindungi Jantung
Daun sambung nyawa memiliki sifat antihipertensi dan melindungi area kardiovaskular. Berdasarkan studi tahun 2011 yang dilakukan oleh University of Malaya, konsumsi daun sambung nyawa efektif menurunkan tekanan darah.

Hal ini karena daun sambung nyawa menghalangi kinerja enzim yang membentuk hormon angiotensin, hormon yang berperan meningkatkan tekanan darah.

Riset lain yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Sciences, Malaysia pada tahun 2012 menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa memiliki dampak positif terhadap aktivitas kardiovaskular. Tak heran jika tanaman ini sudah lama dipakai sebagai obat tradisional untuk mengobati hipertensi.

2. Melawan Diabetes
Salah satu kegunaan daun sambung nyawa sebagai tanaman obat adalah mengobati diabetes. Penelitian tahun 2000 yang dilakukan oleh Department of Pharmacology, National University of Singapore, menemukan bahwa ekstrak daun sambung nyawa mampu menurunkan level glukosa secara signifikan.

3. Bersifat Antioksidan
Riset tahun 2021 yang dilakukan oleh Research Institute of Life Science and College of Veterinary Medicine, Gyeongsang National University menemukan setidaknya ada 9 senyawa polifenol yang terkandung dalam daun sambung nyawa.

Polifenol sendiri adalah senyawa dalam tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan alami. Ini menunjukkan bahwa daun sambung nyawa kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

4. Mencegah Peradangan
Riset yang sama juga mendapati bahwa kandungan senyawa fenol pada ekstrak daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini membantu sistem imun melawan penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti rematik dan sinusitis.

5. Meningkatkan Kesuburan
Bukan hanya mengobati diabetes, daun sambung nyawa juga membantu mengobati infertilitas yang merupakan salah satu dampak dari diabetes. Jadi, tanaman ini membantu meningkatkan kesuburan pria.

Penelitian tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Universiti Kebangsaan Malaysia menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa memicu produksi protein yang berperan dalam pematangan sperma dan interaksi sperma dengan sel telur.

6. Melawan Bakteri Penyebab Infeksi
Daun sambung nyawa memiliki sifat antimikroba. Riset tahun 2012 yang diterbitkan di jurnal Sains Malaysiana menunjukkan bahwa daun sambung nyawa memiliki sifat antimalaria.

Riset lain yang dilakukan oleh Jashore University of Science and Technology menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa memiliki sifat antibakteri terhadap beberapa patogen, seperti Escherichia coli yang menginfeksi usus serta Staphylococcus aureus yang menginfeksi kulit serta jaringan tubuh.

7. Melawan Kanker
Daun sambung nyawa pun telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai jenis kanker, seperti leukimia, kanker rahim, dan kanker payudara.

Berdasarkan review tahun 2016 yang terbit pada jurnal Frontiers in Pharmacology, tanaman ini melawan kanker dengan beberapa cara. Yang pertama adalah daun sambung nyawa menghalangi fase awal karsinogenesis, yaitu proses pertumbuhan kanker dari sel normal menjadi sel ganas.

Daun sambung nyawa juga melawan kanker dengan menghambat pembelahan sel-sel kanker, sehingga sel ganas tidak menyebar dengan cepat.

Kemudian, daun sambung nyawa menghambat rute-rute angiogenesis, yaitu pembentukan pembuluh darah baru. Akibatnya, pertumbuhan dan penyebaran sel-sel tumor terhambat.

8. Melindungi Sistem Pencernaan
Daun sambung nyawa juga ampuh melindungi berbagai jaringan tubuh, salah satunya lambung. Berdasarkan riset tahun 2010 yang terbit pada Journal of Medicinal Plants Research, daun sambung nyawa mampu melindungi sistem pencernaan, secara khusus dinding lambung.

Pada riset tersebut, tikus diberi ekstrak daun sambung nyawa, kemudian diberikan ethanol murni untuk menimbulkan luka pada mukosa lambung. Hasilnya, kelompok tikus yang diberi ekstrak daun sambung nyawa tidak mengalami luka yang signifikan. Sementara tikus yang tidak diberi ekstrak daun sambung nyawa mengalami luka mukosa lambung yang cukup parah.

9. Melindungi Kulit
Mengutip riset tahun 2022 yang diterbitkan pada Journal of Dermatology, Venereology, and Aesthetic, paparan sinar ultraviolet memicu peningkatan regulasi matrix metalloproteinase (MMP). MMP yaitu enzim yang berperan dalam proses photoaging, alias penuaan kulit akibat cahaya yang ditandai dengan keriput dan penipisan kulit.

Oleh karena itu, regulasi MMP merupakan salah satu strategi pencegahan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Di sinilah kegunaan daun sambung nyawa dalam melindungi kulit.

Penelitian tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa ekstrak daun sambung nyawa mampu menghambat produksi MMP sebanyak 70%. Ini mengurangi proses photoaging akibat paparan sinar UV.

Itu dia segudang manfaat daun sambung nyawa. Daun ini bisa dimakan mentah sebagai lalapan, diolah menjadi lauk, maupun dijadikan rebusan seperti teh. Semoga bermanfaat!


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Manfaat Daun Sambung Nyawa, Bumbu Masakan Penuh Khasiat untuk Kesehatan"