Hagia Sophia

23 May 2024

Final Liga Europa: Jadi Juara, Atalanta Kalahkan Bayer Leverkusen 3-0

Atalanta menang 3-0 di final Liga Europa berkat hat-trick Ademola Lookman (REUTERS/Jason Cairnduff)

Atalanta tampil sempurna di final Liga Europa 2023/2024 untuk melibas Bayer Leverkusen 3-0. Ademola Lookman memborong seluruh gol.

Jalannya laga Atalanta Vs Leverkusen

Pada pertandingan di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB, Atalanta secara mengejutkan mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Leverkusen memang menguasai ball possesion, tapi mereka kesulitan keluar dari tekanan Atalanta.

Seringnya pemain salah umpan membuat serangan Leverkusen mudah dipatahkan barisan tengah Atalanta, sebelum masuk ke pertahanan. Atalanta lewat serangan cepat mampu merepotkan Leverkusen.

Pada menit ke-12, Atalanta membuka keunggulan lewat Ademola Lookman. Serangan dari sisi kiri pertahanan Leverkusen dibangun Atalanta yang diawali umpan cepat Teun Koopmainers.

Davide Zappacosta dengan cepat menuju ruang kosong untuk mengambilnya dan langsung mengirimkan umpan tarik ke tiang jauh. Lookman yang lepas dari kawalan Exequiel Palacios langsung menyepak bola ke pojok gawang Matej Kovar.

Ademola Lookman mencocor bola untuk membawa Atalanta memimpin 1-0. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

Atalanta yang lebih percaya diri mampu menambah keunggulan pada menit ke-26 lewat gol kedua Lookman. Lagi-lagi kesalahan Leverkusen dalam mengoper membuat Atalanta mudah memotong bola.

Lookman mendapatkan bola tersebut dan mengecoh Xhaka di depan kotak penalti, sebelum melepaskan bola ke tiang jauh gawang Kovar.

Ademola Lookman melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh gawang Bayer Leverkusen. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

Peluang terbaik Leverkusen hadir di menit ke-35 saat Alejandro Grimaldo mendapat ruang untuk menerima umpan lambung Palacios. Grimaldo tinggal berhadapan dengan Juan Musso, tapi bola sepakannya mengarah tepat ke pelukan kiper Atalanta.

Charles de Ketelaere nyaris bikin Atalanta memimpin 3-0 saat dia menembak dari luar kotak penalti, tapi bola bisa diadang Kovar. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Atalanta lebih banyak menunggu lewat serangan balik dan membiarkan Leverkusen menguasai bola. Meski sudah memainkan Victor Boniface, Leverkusen masih kesulitan untuk membahayakan gawang Musso.

Praktis tidak ada peluang berbahaya sepanjang babak kedua yang diciptakan kedua tim.

Lookman! Penyerang asal Nigeria itu melengkapi hat-trick pada menit ke-72 sekaligus membawa Atalanta memimpin 3-0. Kesalahan Adli saat menyerang membuat bola direbut dan dioper ke Scamacca.

Ademola Lookman melengkapi hat-trick ke gawang Bayer Leverkusen. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

Scamacca menggiring bola hingga memasuki sepertiga akhir lapangan. Dia mengoper bola ke arah Lookman di sisi kiri dan dia mampu mengecoh Tapsoba, sebelum menembak ke tiang jauh dengan kaki kirinya.

Leverkusen benar-benar tidak berkutik karena tidak mampu membuat gol sama sekali hingga akhir laga dan harus mengakui keunggulan Atalanta 0-3.

Susunan pemain

Atalanta: Musso; Djimsiti, Hien, Kolasinac (Scalvini 46'); Zappacosta (Hateboer 84'), Ederson, Koopmeiners, Ruggeri (Toloi 91'); De Ketelaere (Pasalic 57'), Scamacca (Toure 84'), Lookman.

Bayer Leverkusen: Kovar; Stanisic (Boniface 46'), Tah, Tapsoba; Frimpong (Tella 81'), Xhaka, Palacios (Andrich 68'), Hincapie; Wirtz (Schick 81'), Adli, Grimaldo.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Atalanta Vs Bayer Leverkusen: Lookman Hat-trick, La Dea Menang 3-0"