Hagia Sophia

23 May 2024

Wanita Sudah Hamil 13 Kali, Hanya 3 Anak yang Selamat

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/globalmoments

Seorang ibu menceritakan kisahnya mengalami keguguran sebanyak sembilan kali di usia 21 tahun. Saat ini, wanita bernama Shaycie Jane itu tengah hamil untuk ke-13 kalinya.

"Saya memiliki 13 anak di usia 21 tahun. Tetapi dari semuanya, hanya tiga anak yang ada di sini bersama saya," kata wanita yang tinggal di Utah, AS, dikutip dari New York Post.

Awalnya, Shaycie tidak menyadari dirinya hamil setelah berhubungan seks pertama kali dengan pacarnya di usia 14 tahun. Hal itu baru diketahuinya saat terlambat menstruasi.

Ia mencoba banyak alat tes kehamilan. Dari empat alat tes itu, Shaycie menyadari dirinya positif hamil.

"Ibuku akhirnya mengetahui kehamilanku dan dia bertanya apakah ada kemungkinan aku bisa hamil, aku menjawab ya dan dia berkata kami menunggu selama seminggu," tuturnya.

Namun, seminggu kemudian saat ia dan ibunya ke rumah sakit, Shaycie mengalami keguguran di usia kandungan enam minggu. Ia kembali mengalami dua kali keguguran pada Maret 2019 dan Maret 2020.

Sampai pada Februari 2021, Shaycie melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Amber. Anak itu lahir setelah diinduksi pada usia kandungan 36 minggu, karena mengalami preeklamsia.

"Kehamilan kedua saya terjadi dua bulan sebelum saya berusia 18 tahun," ungkap Shaycie.

"Saya didiagnosis menderita preeklampsia pada minggu ke-17, namun pada minggu ke-30 penyakit tersebut hilang. Saya bersyukur karena saya menginginkan pengalaman melahirkan yang lebih baik," sambungnya.

Shaycie lagi-lagi mengalami dua kali keguguran. Hingga pada 29 Juli 2022, ia melahirkan anak perempuan lagi yang diberi nama Felicity.

Setelah Felicity lahir, wanita itu keguguran lagi sebanyak tiga kali. Itu terjadi pada September 2022, Desember 2022, dan Mei 2023.

Pada Oktober 2023, Shaycie mengetahui bahwa dia hamil anak kembar. Namun, ia harus kehilangan anak kembarnya lagi di usia kandungannya enam minggu.

Shaycie mengatakan dokter belum menemukan penyebab dirinya bisa terus mengalami keguguran. Saat ini, ia tengah hamil 31 minggu dan merasa kehamilannya jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Saya saat ini berusia 31 minggu dan saya merasa jauh lebih baik tentang kehamilan ini," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Pilu Wanita Sudah Hamil 13 Kali, Hanya 3 Anak yang Berhasil Selamat"