Hagia Sophia

23 May 2024

Banyak yang Tidak Tahu, Ini Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/Thawatchai Pimairam)

Manfaat daun sirih sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat. Salah satu kegunaan daun sirih adalah untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Di luar itu, daun sirih juga menyimpan beragam manfaat yang tak kalah penting untuk kesehatan.

Daun sirih, atau yang dikenal juga dengan nama Piper betle l, adalah tanaman yang tumbuh secara menjalar, seperti di dinding, tiang, atau batang pohon. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, daun sirih mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, iodin, sodium, vitamin A, B1, B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang umum ditemukan di Indonesia, yakni daun sirih hijau dan merah. Meski memiliki warna yang berbeda, keduanya tetap memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Menghilangkan Bau Mulut
Salah satu manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah untuk menghilangkan bau mulut. Daun sirih memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat membantu membasmi bakteri penyebab bau mulut.

Tak hanya itu, mengunyah daun sirih juga diyakini dapat menjaga kesehatan gigi.

2. Meredakan Batuk
Air rebusan daun sirih kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk batuk. Efek antibakteri dan antioksidan dalam daun sirih diyakini dapat mengatasi peradangan yang menyebabkan batuk.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih juga disebut dapat melegakan tenggorokan, sehingga mengurangi gejala batuk.

3. Mengurangi Gatal pada Kulit
Kandungan minyak atsiri pada daun sirih dikenal dapat membantu mengatasi gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi, gigitan nyamuk, dan infeksi jamur. Ini karena minyak atsiri memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antijamur.

4. Meredakan Radang Sendi
Daun sirih juga dipercaya dapat mengatasi radang sendi. Ini berkat senyawa antiradang yang ada pada daun sirih, seperti flavonoid, tanin, dan saponin.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat daun sirih lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebih. Air rebusan daun sirih disebut dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes melitus.

Khasiat ini berasal dari kandungan flavonoid, tanin, dan saponin yang dapat membantu meninkgatkan produksi insulin, sehingga kadar gula darah menjadi lebih terkendali.

6. Mengatasi Jerawat
Daun sirih juga berpotensi mengatasi jerawat di wajah. Senyawa antibakteri pada daun sirih diketahui dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

7. Mencerahkan Wajah
Selain menghilangkan jerawat, manfaat daun sirih juga dapat mencerahkan wajah. Sebab, daun sirih mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat pembentukan enzim yang berperan dalam produksi melanin (zat warna alami) dalam tubuh. Jika melanin berkurang, maka kulit wajah akan tampak lebih cerah.

8. Mengatasi Mata Merah
Campuran air dan daun sirih juga sering digunakan sebagai obat tetes untuk mengatasi mata merah. Manfaat ini berasal dari senyawa antibakteri pada daun sirih, seperti flavonoid, tanin, dan saponin, yang dapat membunuh bakteri penyebab mata merah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Termasuk Turunkan Kadar Gula Darah"