Hagia Sophia

23 May 2024

Leverkusen Takluk dengan Tendangan Ademola Lookman

Ademola Lookman begitu mematikan di final Liga Europa 2023/2024 (REUTERS/Molly Darlington)

Ademola Lookman tampil trengginas di Final Liga Europa 2023/2024. Dia melukai Bayer Leverkusen dan membawa Atalanta jadi jawara sekaligus bikin rekor. Top!

Lookman jadi starter saat Atalanta menghadapi Leverkusen di Aviva Stadim, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Dipasang di lini depan bareng Charles de Ketelaere dan Gianluca Scamacca, Lookman sudah meneror pertahanan Leverkusen sejak awal.

Dia yang membuat gawang Leverkusen jebol pada menit ke-13 ketika mencocor bola umpan tarik Davide Zappacosta. Lookman kemudian menjadi mimpi buruk Leverkusen saat menggandakan skor pada menit ke-26.

Kesalahan pemain Leverkusen membuat Lookman mudah mencuri bola dan mengecoh Granit Xhaka, sebelum menjebol jala Matej Kovar. Lookman lantas melengkapi hat-trick pada menit ke-72 untuk memastikan kemenangan 3-0 Atalanta lewat serangan balik.

Atalanta keluar sebagai juara Liga Europa dan Lookman dinobatkan sebagai Man of The Match di laga itu. Dia memenangi sembilan duel dan sembilan kali merebut penguasaan bola.

Ada enam kali dilanggar lawan, enam kali menyentuh bola di kotak penalti, empat kali gocekan sukses, dan mampu mencetak gol dari tiga shot on target sepanjang.

Lookman tidak butuh banyak aksi karena cukup tiga kali tendangan untuk melukai Leverkusen dan mengakhiri catatan tak terkalahkan. Lookman jadi pemain pertama yang bikin hat-trick di final Liga Europa/Piala UEFA, sekaligus jadi yang pertama selama kariernya!

Jika ditotal dengan seluruh kompetisi antarklub Eropa, Lookman adalah pemain keenam yang mencetak tiga gol final dan yang pertama sejak Jupp Heynckes pada 1975.

"Ini adalah salah satu malam terbaik dalam hidup saya. Performa luar biasa dari tim. Kami berhasil - fantastis. Saya senang kami bisa menang. Kami membuat sejarah malam ini," ujar Lookman kepada TNT Sports.

Ademola Lookman memang lagi menjalani musim terbaiknya dengan 15 gol dan tujuh assist di seluruh ajang.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Lookman Lukai Leverkusen, lalu Bikin Rekor!"