Hagia Sophia

08 June 2024

Beberapa Kemungkinan Penyakit yang Muncul Bila Telapak Tangan Kanan Kedutan

Ilustrasi kedutan telapak tangan kanan. Foto: Mufid Majnun/Unsplash.

Pernah mengalami gejala kedutan telapak tangan kanan? Ini mungkin tak masalah jika kedutan terjadi sebentar dan menghilang dengan sendirinya.

Namun terkadang kedutan terasa lama atau dialami berulang kali di telapak kanan maupun kiri. Hal ini mungkin membuat orang merasa khawatir akan kondisi kesehatannya.

Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa kemungkinan penyakit atau kondisi kesehatan yang terkait dengan gejala kedutan telapak tangan kanan, lengkap dengan cara mengatasinya.

Kedutan Telapak Tangan Kanan Gejala Apa?

Beberapa kondisi yang ditandai dengan kedutan di telapak tangan kanan atau kiri adalah:

1. Konsumsi Kafein Dosis Tinggi
Minum kopi atau minuman berkafein tinggi bisa menyebabkan tubuh gemetar, termasuk mengalami kedutan telapak tangan kanan. Kafein mengandung stimulan yang dapat menyebabkan kontraksi otot.

2. Dehidrasi
Kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi akan mempengaruhi fungsi otot, hingga menyebabkan otot kram dan otot kejang atau berkontraksi tanpa sadar. Dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala, kulit kering, bau mulut, menggigil, dan kelelahan.

3. Kram Otot
Kedutan telapak tangan kanan maupun kiri bisa terjadi karena kram otot akibat melakukan aktivitas berlebihan dan aktivitas berat. Otot-otot akan tegang atau berkontraksi, sehingga mengakibatkan kedutan dan terkadang terasa sakit.

Kram otot juga umum terjadi pada anggota tubuh lain, seperti tangan, paha, betis, dan kaki. Pemicu lain dari kram otot seperti kehamilan, keturunan, diabetes, dan arthritis rheumatoid.

4. Sindrom Lorong Karpal
Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom lorong karpal adalah kondisi yang menimbulkan mati rasa, kesemutan, nyeri, atau lemah di tangan dan pergelangan tangan. Gejalanya antara lain sebagai berikut:
  • Kedutan di telapak tangan
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau jari
  • Nyeri yang menjalar ke lengan bawah
  • Merasa lemah.
5. Dystonia
Dystonia adalah kondisi yang menyebabkan kontraksi otot secara berulang-ulang dan tidak disengaja. Tidak ada obat untuk dystonia, tetapi perawatan medis dan obat resep dapat meringankan gejala.

Kondisi ini juga dapat mempengaruhi seluruh tubuh atau hanya satu bagian, seperti tangan. Kejang dapat terasa ringan hingga berat. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, seperti nyeri, kelelahan, sulit menelan, sulit untuk berbicara, cacat fisik, kebutaan fungsional.

6. Penyakit Huntington
Penyakit Huntington menyebabkan degenerasi sel saraf yang progresif di otak. Penyakit ini dapat mengakibatkan gangguan gerakan dan kognitif. Gejalanya bervariasi, mulai dari
kedutan pada telapak tangan, kontraksi otot, keseimbangan yang buruk, hingga kesulitan berbicara.

Belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit Huntington. Akan tetapi perawatan medis dan terapi dapat membantu meredakan gejalanya.

Kapan Harus ke Dokter?

Kedutan mungkin menjadi gejala penyakit serius. Anda harus segera mencari pertolongan medis jika kedutan telapak tangan kanan disertai gejala seperti ini:
  • Tangan terasa lemah
  • Mati rasa atau kehilangan rasa
  • Rasa sakit yang terus-menerus
  • Bengkak
  • Kedutan menyebar ke lengan.

Cara Mengatasi Kedutan Telapak Tangan Kanan

Kedutan telapak tangan kanan maupun kiri biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika terkait dengan penyakit serius, maka harus ditangani secara medis. Berikut ini beberapa cara mengatasi kedutan di tangan yang bisa dilakukan di rumah:
  • Tidur cukup, yakni 6-8 jam setiap hari
  • Minum air putih cukup, minimal 8 gelas per hari
  • Batasi konsumsi kafein. Atau ganti dengan minuman sehat
  • Pijat telapak tangan dengan lembut
  • Kompres bagian tangan dengan air hangat
  • Lakukan peregangan jari atau pergelangan tangan
  • Kelola stres dengan melakukan aktivitas menghibur atau olahraga.
Demikian tadi telah kita ketahui berbagai kemungkinan penyakit atau kondisi kesehatan yang memiliki gejala kedutan telapak tangan kanan, lengkap dengan cara mengatasinya. Jika kondisi tak juga membaik hingga mengganggu produktivitas sehari-hari, jangan segan ke dokter ya detikers.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kedutan Telapak Tangan Kanan, Gejala Penyakit Apa?"