Hagia Sophia

08 June 2024

Beberapa Obat Alami untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Bawang putih salah satu herbal untuk membantu menurunkan kolesterol. (Foto: Ilustrasi iStock)

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang perlu diwaspadai. Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke.

Saat kadar kolesterol berlebihan, itu akan menumpuk dan membentuk plak di dinding arteri. Hal ini yang membuat seseorang berisiko terkena penyakit kronis, seperti stroke, diabetes, hingga serangan jantung.

Secara umum, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Untuk mengetahui cara mengurangi kolesterol tinggi dan mencegah terjadinya komplikasinya, bisa dilakukan beberapa cara, termasuk mengkonsumsi ramuan atau obat alami.

Obat alami untuk menurunkan kolesterol tinggi

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 obat alami untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Jahe
Dikutip dari Times of India, jahe merupakan obat alami yang kaya akan senyawa bioaktif yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan makan sepotong kecil jahe secara teratur, membantu mencegah banyak penyakit dan infeksi.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun dikenal sangat baik untuk kesehatan. Ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian mengungkapkan jika dikonsumsi secara teratur, minyak zaitun juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

3. Daun salam
Daun salam atau bayleaf juga bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol. Dikutip dari Hindustan Times, tanaman ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dna meningkatkan kesehatan jantung secara umum.

4. Bawang putih
Dikutip dari Healthline, bawang putih biasanya digunakan sebagai bahan masakan dan obat selama ribuan tahun. Ini bisa dimakan mentah atau dimasak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Namun, seperti banyak terapi alternatif, penelitian membuahkan hasil yang beragam. Misalnya, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Namun, penelitian yang didanai NCCIH mengenai keamanan dan efektivitas tiga olahan bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang terhadap kolesterol darah.

5. Kunyit
Dikutip dari Healthsite, kunyit mengandung kurkumin, yakni zat aktif yang merupakan sumber sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Untuk mengkonsumsinya, bisa tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam teh atau susu biasa. Itu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dengan mengurangi peradangan dan mencegah oksidasi kolesterol.

6. Bawang putih
Bawang putih menurut studi juga bermanfaat sebagai obat alami untuk kolesterol tinggi. Berdasarkan studi tahun 2016, bawang putih berpotensi menurunkan kolesterol total hingga 30 mg/dL.

7. Biji-bijian
Banyak biji-bijian juga yang membantu menurunkan kolesterol tinggi kandungan lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3. Selain itu, biji-bijian juga mengandung serat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Contih biji-bijiannya, seperti biji labu, bunga matahari, wijen, dan chia seed.

8. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang bisa mengontrol kadar kolesterol. Berdasarkan tinjauan pada 10 penelitian tentang alpukat pada tahun 2016, menunjukkan bahwa mengkonsumsi alpukat bisa menurunkan kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk tubuh.

9. Kacang-kacangan
Harvard Medical School mengungkapkan bahwa pola makan yang terdiri dari kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan memiliki efek menurunkan kolesterol secara alami. Beberapa jenis kacang yang dimaksud seperti kacang mete, kenari, pistachio, almond, dan kacang tanah.

Namun, disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan ini tanpa tambahan gula, garam, atau lemak lainnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat, Mudah Ditemukan"