Hagia Sophia

04 July 2024

Formasi Aneh Berbentuk Huruf Muncul di Lapisan Atmosfer

Fenomena Langka, Muncul Formasi Aneh Berbentuk Huruf di Lapisan Atmosfer Foto: IFL Science

Pengamatan terbaru di lapisan atmosfer menunjukkan bahwa ada lebih banyak pemahaman yang bisa diperoleh menyusul adanya penemuan formasi aneh berbentuk huruf.

Di bagian atas atmosfer, dari tepi angkasa hingga jauh di dalamnya, terdapat ionosfer. Atom dan molekul di sana kekurangan elektron, sehingga bermuatan listrik. Atom dan molekul dipengaruhi oleh apa yang terjadi di dekat permukaan dan oleh Matahari.

Ini Kata Bellingham Terkait Gol Saltonya Saat Inggris Vs Slovakia

Gol Salto Jude Bellingham (istimewa)

Jude Bellingham menciptakan gol sensasional ke gawang Slovakia dalam kemenangan Inggris 2-1. Bellingham mengungkapkan, dirinya merasa seperti Cristiano Ronaldo.

Inggris mesti bermain selama 120 menit saat menghadapi Slovakia di babak 16 besar Euro 2024, akhir pekan lalu. The Three Lions tertinggal lebih dulu setelah kebobolan gol Ivan Schranz di babak pertama.

Duel Jerman Vs Spanyol: Ruediger Tidak Sabar Hadapi Tim Matador

Antonio Ruediger (istimewa)

Timnas Jerman bentrok dengan Spanyol di Piala Eropa 2024. Bek Die Mannschaft, Antonio Ruediger, tak sabar menghadapi pertandingan kontra La Furia Roja.

Babak perempatfinal Euro 2024 menghadirkan dua tim papan atas, Spanyol vs Jerman. Duel dijadwalkan Jumat (5/7) malam WIB di Stuttgart Arena.

Messi Belum Tentu Ikut Main Saat Argentina Vs Ekuador

Lionel Messi (istimewa)

Kondisi Lionel Messi masih jadi tanda tanya menjelang laga Argentina vs Ekuador di perempatfinal Copa America 2024.

Argentina akan menghadapi Ekuador pada hari Jumat (5/7) pagi WIB. Tapi Pelatih Argentina Lionel Scaloni masih harus melihat bagaimana kondisi Messi dalam sesi latihan.

Tips Agar Tetap Bahagia di Hari Tua ala Warga Korsel

Lansia di Seoul (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

Menginjak usia 60-an ke atas bagi sebagian orang bisa menjadi hal yang mencemaskan dan menakutkan. Sebab, berbeda dengan usia muda, banyak sekali hal-hal yang berubah ketika seseorang memasuki usia lanjut.

Harus diakui, seorang lansia akan mengalami penurunan soal kondisi kesehatannya. Bisa jadi ia akan cepat lelah, mudah lupa, dan muncul gangguan kesehatan-kesehatan lainnya.

Mungkin Kena Hepatitis Bila Urine Anak Bewarna Seperti Teh, Segera Periksakan

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d)

Hepatitis anak adalah kondisi yang harus ditangani sejak dini. Jika tidak ditangani secara tepat, hepatitis dapat berujung pada kondisi yang lebih parah, seperti sirosis hati atau gagal hati.

Karenanya, penting bagi orang tua untuk mengenali apa saja gejala hepatitis yang bisa muncul pada anak. Anggota Gastrohepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Ade Rachmat Y, MKed (Ped), SpA(K), MH UKK, mengatakan salah satu indikator hepatitis dapat dilihat dari warna urine.

Muncul Varian Baru COVID-19, AS Perbarui Pedoman Vaksinasi

Ilustrasi vaksin (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memperbarui pedoman vaksinasi COVID-19, kini usia enam bulan ke atas direkomendasikan untuk ikut menerima vaksin.

Rekomendasi ini sejalan dengan saran para panel ahli dari luar, yang mengimbau penggunaan vaksin COVID-19 juga penting untuk mereka berusia enam bulan ke atas.

Wanita Ini Rayakan Ultah ke-80, Sebelumnya Divonis Tidak Akan Sampai 30 Tahun

Ilustrasi ulang tahun (Foto: iStock)

Ketika Patricia McGill berusia 13 tahun dan mengetahui bahwa dia mewarisi penyakit anemia sel sabit, dia tidak menyangka akan mencapai usia 30 tahun.

Namun kini dia dan keluarganya merayakan ulang tahunnya yang ke-80. McGill adalah salah satu penderita penyakit sel sabit tertua, yang hidup beberapa dekade setelah usia 52 tahun.

Berbagai Fakta Tentang Virus West Nile yang Serang Israel

Ilustrasi virus West Nile (Foto: Getty Images/loops7)

Virus West Nile disebarkan oleh nyamuk. Virus West Nile dapat menginfeksi manusia, burung, nyamuk, kuda, dan beberapa mamalia lainnya. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, virus dapat menyebar melalui darah yang ditransfusikan, organ yang ditransplantasikan, atau melalui plasenta ke janin.

Kali ini, virus tersebut muncul lagi dengan sebagian besar yang terdampak adalah warga di wilayah Sharon, dan dirawat di Meir Medical Center di Kfar Saba.

Dokter Temukan Jarum Sengat Lebah Tertancap di Mata Pria Ini

Sengat lebah menyangkut di mata. (Foto: The New England Journal of Medicine)

Sebuah studi dari Rumah Sakit Mata Wills di Philadelphia, Amerika Serikat menjabarkan kisah langka dan mengerikan yang terjadi pada pasien pria 55 tahun. Tim dokter menemukan 'jarum' sengat lebah tertancap di mata kanan pria tersebut usai tersengat.

Dikutip dari Science Alert, ketika pertama kali mengalami sengatan, pasien tersebut dilaporkan langsung pergi ke layanan medis untuk mendapatkan bantuan. Semua berjalan dengan lancar, namun tim medis tidak berhasil menghilangkan semua jarum penyengat yang mengganggu.

Ini Gejala Awal Hepatitis Anak yang Sering Diabaikan Ortu

Ilustrasi hepatitis pada anak (Foto: Getty Images/iStockphoto/RecycleMan)

Jika berbicara tentang gejala hepatitis anak, mungkin kebanyakan orang tua akan berpikir tentang mata kuning. Namun, hepatitis anak ternyata tidak selalu ditandai dengan gejala ini.

Anggota UKK Gastrohepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Ade Rachmat Y, MKed (Ped), SpA(K), MH UKK, mengatakan hepatitis anak justru mirip diawali dengan gejala mirip flu (flu-like syndrome).

Cara Mengatasi Bila Terjadi Keracunan Makanan

Ilustrasi keracunan makanan. Foto: iStock

Kasus keracunan makanan marak terjadi di Tanah Air. Korbannya bukan hanya 1-2 orang saja, tapi bisa sampai puluhan bahkan ratusan. Gejala yang dialami bervariasi, ada yang ringan hingga cukup berat.

Menurut penjelasan Healthline, dampak keracunan beragam bisa sangat beragam. Pada beberapa kasus, keracunan makanan mungkin ada yang sampai mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan penyakit parah.

Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi serta Mengenal Penyebabnya

Ilustrasi cek darah untuk mengetahui kadar trigliserida. Foto: Shutterstock

Trigliserida adalah lemak dalam darah yang menyediakan energi bagi tubuh. Lipid ini didapatkan dari makanan dan kalori ekstra yang dikonsumsi. Trigliserida sebetulnya termasuk jenis lemak yang penting.

Namun, kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung. Lantas, apa penyebab trigliserida tinggi? Dan bagaimana cara menstabilkannya?

Guler Samai Rekor Ronaldo dan Rooney di Euro 2004

Arda Guler menyamai rekor Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney di Euro. (Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay)

Arda Guler memberi kontribusi positif untuk Turki saat menang atas Austria di Euro 2024. Pemain 19 tahun itu menyamai rekor Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Bertanding di Red Bull Arena Leipzig, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB, Turki memetik kemenangan 2-1 atas Austria. Gol Ay-Yildizlilar diborong oleh Merih Demiral.

Demiral, Bek Turki yang Cetak 2 Gol di Euro 2024

Merih Demiral bikin catatan langka usai mencetak dua gol (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Merih Demiral jadi pahlawan kemenangan Turki atas Austria. Catatan langka dibuat Demiral usai mencetak dua gol.

Belum genap semenit laga Austria Vs Turki di Babak 16 Besar Euro 2024, Rabu (3/7/2024) dini WIB, berjalan, Demiral sudah menjebol jala Austria dari sebuah kemelut di kotak penalti menyusul korner Arda Guler.

Akankah Calafiori Merapat ke Arsenal?

Riccardo Calafiori diincar Arsenal. (Foto: Getty Images/Masashi Hara)

Riccardo Calafiori mendekat ke Arsenal. Sepanjang pekan ini diyakini menjadi penentu kepastian merapatnya bek Bologna itu ke Emirates Stadium.

Calafiori tampil sip sepanjang musim 2023/2024. Kehadirannya di lini belakang membantu Bologna meraih tiket ke Liga Champions 2024/2025.

Gianluigi Buffon Tetap Kerja untuk Timnas Italia

Gianluigi Buffon masih yakin bisa berkontribusi untuk Timnas Italia. (Foto: dpa/picture alliance via Getty I/picture alliance)

Gianluigi Buffon telah memutuskan tetap bekerja untuk Timnas Italia. Dia merasa Azzurri adalah kulit keduanya.

Buffon menjabat sebagai manajer Timnas Italia sejak Agustus 2023. Namun, dia sempat mempertimbangkan masa depannya setelah Italia kandas di 16 besar Piala Eropa 2024.

Berbagai Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi teh daun kelor. Foto: Getty Images/didoi

Daun kelor merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak khasiat. Sebagai informasi, tanaman asal India ini dapat tumbuh dengan cepat, berumur panjang, serta tahan di cuaca panas yang ekstrim.

Saat ini, banyak masyarakat yang memanfaatkan daun kelor untuk kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Umumnya, daun kelor dikonsumsi dengan cara direbus, lalu air rebusannya diminum selagi hangat.

Ini Cirinya Bila Lidah Terinfeksi HIV

Ciri-ciri infeksi HIV di lidah (Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan)

Gejala dari sejumlah infeksi dan penyakit dapat muncul di area mulut, termasuk lidah. Contohnya saja Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Dilansir Medical News Today, bukti menunjukkan 30-80% pengidap HIV mengalami komplikasi mulut seperti sariawan atau infeksi jamur di lidah. Gejala di mulut kerap terjadi pada tahap awal HIV. Sehingga bisa menjadi tanda awal terinfeksi HIV.

Kebiasaan Jalan Kaki Seperti Ini Bisa Ganggu Kesehatan Otak

Ilustrasi jalan kaki. (Foto: Dikhy Sasra)

Kebiasaan berjalan kaki dengan menatap smartphone nyatanya berdampak serius bagi tubuh. Menurut para pakar, hal semacam ini juga bisa mempengaruhi fungsi kognitif otak hingga postur tubuh seseorang.

"Saat mata kita terpaku pada layar smartphone, penglihatan kita menyempit, dan otak memberikan sinyal dengan memperpendek langkah kita," kata Navdeep Vij Singh, Kepala Ilmuwan Saraf Digital di Klinik Ilmu Saraf Neurowyzr.

03 July 2024

Fakta Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Pasukan Terakota China

Komplek makam Kaisar China dengan pasukan terakota (Foto: Elvan/detikTravel)

Pasukan Terakota merupakan penemuan arkeologi yang menakjubkan. Tentunya, dalam penemuan tersebut terdapat fakta-fakta menarik di baliknya.

Dilansir detikINET dari National Museums Liverpool, pada tahun 1987, UNESCO memberikan status kepada Pasukan Terakota sebagai situs warisan dunia. Hal itu membuat pasukan terakota menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Berikut ini adalah 10 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang pasukan terakota:

Mbappe Masih Tak Nyaman Bermain Pakai Topeng

Foto: Andrzej Iwanczuk/NurPhoto via Getty Images

Kylian Mbappe masih merasa tak nyaman bermain dengan mengenakkan topeng. Topeng tersebut mengganggu penglihatannya hingga berpengaruh ke performa Mbappe.

Kylian Mbappe mampu mengantarkan Prancis melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2024. Les Bleus ke 8 besar usai menang 1-0 atas Belgia pada laga 16 besar di Dusseldorf Arena, Senin (1/7). Gol tunggal kemenangan Prancis lahir pada menit ke-85 saat tembakan Randal Kolo Muani berbelok masuk ke gawang usai membentur Jan Vertonghen.

Top Skor Sementara Euro 2024

Cody Gakpo (istimewa)

Cody Gakpo memanaskan persaingan daftar pencetak gol terbanyak Euro 2024 berkat golnya ke gawang Rumania di babak 16 besar. Peluang meraih sepatu emas terbuka lebar untuknya jika terus membawa Belanda melaju.

Penyerang Liverpool itu mencetak satu gol dan satu asis saat mendepak Rumania 3-0 di Munich, Selasa (2/7) malam WIB. Ia membobol gawang Florin Nita pada menit ke-20 lewat tembakan ke sudut sempit usai melakukan cut-inside dari sisi kiri.

Tim yang Lolos ke Perempatfinal Euro 2024

istimewa

Babak 16 besar Euro 2024 sudah selesai digelar. Delapan tim merebut tiket ke babak perempatfinal dan menghadirkan big match.

Duel Austria vs Turki menutup rangkaian pertandingan babak 16 besar Euro 2024. Pertandingan di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB itu dimenangkan oleh Turki dengan skor 2-1.

Benarkah Minum Obat Rutin Bisa Merusak Ginjal, Ini Jawaban Pakar

Foto: Getty Images/iStockphoto/peakSTOCK

Pengidap penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi harus mengonsumsi obat-obatan jangka panjang untuk mengontrol penyakitnya. Hanya saja banyak yang enggan minum obat karena takut ginjalnya rusak.

Spesialis penyakit dalam konsultan nefrologi dr dr RA Adaninggar Primadia Nariswari, SpPD-KGH menjelaskan pada pasien penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi, tidak mengonsumsi obat secara rutin justru malah merusak ginjal. Minum obat diabetes atau hipertensi tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit, termasuk gagal ginjal.

Kisah Direktur RS Al Shifa Usai Ditahan dan Disiksa Israel

Direktur Al Shifa di Gaza dibebaskan (Foto: Reuters)

Israel membebaskan puluhan warga Palestina yang ditahan selama agresi di Gaza. Direktur Rumah Sakit Al Shifa, Muhammad Abu Salmiya termasuk salah satu warga yang dibebaskan.

Setelah kembali ke Gaza, Abu Salmiya menggambarkan situasi mengerikan yang dialami warga Palestina yang ditahan di penjara Israel. Salmiya sendiri ditangkap setelah Israel menggeledah RS Al Shifa yang dituduh sebagai markas Hamas.

Jepang Dihantui Kasus Lonely Death, Puluhan Ribu Diperkirakan Akan Mati Kesepian

Ilustrasi kematian. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)

Jepang memperkirakan akan ada 68 ribu warganya meninggal kesepian, ditemukan tewas sendirian di rumah tanpa diketahui banyak orang. Estimasi data ini dilaporkan Badan Kepolisian Jepang.

Ketika Jepang bergulat dengan penuaan penduduknya yang cepat, mendukung orang-orang yang hidup dan menjadi tua sendirian menjadi agenda kebijakan yang lebih penting.

Kasus Virus West Nile Sudah Capai 100 Orang di Israel, Ini Gejalanya

Ilustrasi virus West Nile (Foto: Getty Images/iStockphoto/)

Virus West Nile yang mematikan merebak di Israel, sekitar 100 orang dilaporkan terinfeksi. Beberapa orang di antaranya dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif lantaran kritis.

Virus West Nile disebabkan oleh virus yang hidup di alam liar. Biasanya terjadi di antara para burung.

Pakar Kesehatan: Konsumsi Obat Rutin Akan Kurangi Risiko Penyakit Ginjal

Foto: shutterstock

Tidak sedikit masyarakat yang khawatir mengonsumsi obat dalam waktu lama bisa merusak ginjal. Terutama mereka dengan kondisi kronis misalnya diabetes dan hipertensi yang harus minum obat rutin setiap hari.

Spesialis penyakit dalam konsultan nefrologi dr dr RA Adaninggar Primadia Nariswari, SpPD-KGH, mengatakan pada pasien penyakit kronis, mengonsumsi obat rutin justru akan mengurangi risiko penyakit ginjal. Pada pasien hipertensi, tidak mengonsumsi obat rutin malah akan bisa berdampak pada kesehatan ginjal.

Atasi Krisis Populasi, Korsel Bentuk Kementrian Baru Khusus Demografi

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)

Pemerintah Korea Selatan mengerahkan segala cara untuk bisa mengatasi krisis populasi yang melanda negaranya. Salah satunya dengan membentuk kementerian baru yang berfokus pada strategi dan perencanaan demografi, termasuk angka kelahiran rendah dan populasi yang cepat menua.

Dikutip dari Korea Times, rencana pembentukan kementerian baru ini diumumkan setelah pertemuan tingkat tinggi dengan partai yang berkuasa. Pemerintah Korea Selatan juga akan merevisi undang-undang organisasi pemerintah yang akan diusulkan pada Juli untuk peluncuran kementerian tersebut.

Angka Perkawinan Merosot, BKKBN: Satu Pasangan Sebaiknya Punya 1 Anak Perempuan

Kepala BKKBN. (Foto: detikHealth/Suci Risanti Rahmadania)

Angka perkawinan di Indonesia merosot tajam dari semula rata-rata 2 juta pernikahan, menjadi 'hanya' 1,5 hingga 1,7 juta dalam setahun. Hal ini juga berdampak pada angka kelahiran atau total fertility rate (TFR) yang secara nasional kini berada di 2,1.

Meski angka tersebut terbilang ideal untuk pertumbuhan populasi penduduk, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo khawatir dalam beberapa tahun ke depan TFR terus menurun. Mengingat, adanya pergeseran tujuan pernikahan yang awalnya didominasi prokreasi atau memiliki keturunan, kini tidak sedikit yang hanya menjadi rekreasi.

Virus Mematikan Menyebar di Israel, Setidaknya 100 Orang Terinfeksi

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Evgenii Kovalev)

Setidaknya 100 orang di Israel telah terinfeksi virus West Nile. Dari jumlah tersebut, delapan orang dirawat di unit perawatan intensif dengan kondisi kritis dan diberi ventilator.

Dikutip dari Jerusalem Post, sebagian besar pasien berasal dari Israel tengah, sementara beberapa pasien lainnya berasal dari wilayah Sharon, dan dirawat di Meir Medical Center di Kfar Saba.

Pemerintah Indonesia Berikan Bantuan Hibah Vaksin Polio untuk Anak di Afganistan

Foto: Dok. Istimewa

Vaksin polio jenis poliomyelitis oral bivalen hibah dari Pemerintah Indonesia telah tuntas diberikan kepada 8,6 juta anak di negara Afghanistan. Vaksin ini diberikan untuk mendukung program vaksinasi nasional masyarakat Afghanistan yang saat ini masih berjibaku dengan status endemi polio.

Diketahui, vaksin ini merupakan program hibah dari Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau yang juga dikenal dengan Indonesian AID yang bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF).

Diogo Costa Penjaga Gawang Andalan Portugal

Diogo Costa senjata rahasia Portugal di Euro 2024 (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Portugal memang punya banyak pemain berkualitas di lini serangnya. Tapi, Selecao Das Quinas juga punya senjata rahasia di bawah mistar, bernama Diogo Costa.

Portugal tak pernah kekurangan pemain top di lini tengah dan depan, baik itu yang level senior maupun junior. Begitulah yang terlihat di skuad Portugal yang dibawa Roberto Martinez ke Euro 2024.

Jude Bellingham Terancam Sanksi Akibat Hal Ini

Foto: PA Images via Getty Images/Bradley Collyer - PA Images

Jude Bellingham terancam sanksi akibat selebrasi kontroversialnya di laga Inggris vs Slovakia. Ia melakukan selebrasi dengan memegang kemaluan.

Jude Bellingham menjadi sosok penyelamat Inggris melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2024. Ia bikin gol penyama kedudukan di menit akhir babak kedua saat Tim Tiga Singa melawan Slovakia di 16 besar.

Euro 2024: Austria Kalah dari Turki 1-2

Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

Turki lolos ke perempatfinal Euro 2024 usai menang 2-1 atas Austria. Dua gol dari Merih Demiral hanya mampu dibalas satu kali oleh Austria.

Duel Austria vs Turki di babak 16 besar Euro 2024 digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB. Turki menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Euro 2024: Rumania Vs Belanda 0-3, Tim Oranje ke Perempatfinal

Belanda melaju ke delapan besar Euro 2024. Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images

Belanda melaju ke perempat final Euro 2024 usai menyingkirkan Rumania 3-0 di babak 16 besar. Cody Gakpo dan Donyell Malen menjadi bintang kemenangan Oranje di laga ini.

Bermain di Munich, Selasa (2/7), Gakpo membuka keunggulan di babak pertama lewat gol di menit ke-20. Penyerang Liverpool itu kemudian merancang gol kedua yang dicetak Donyell Malen di menit ke-83.

Pertolongan Pertama pada Orang yang Alami Henti Jantung Mendadak

Henti jantung mendadak (Foto: Getty Images/MadamLead)

Kolaps atau henti jantung mendadak (sudden cardiac arrest) merupakan kondisi yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, terlebih saat melakukan aktivitas seperti berolahraga. Pertolongan pertama untuk pasien henti jantung mendadak adalah dengan memberikan cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru (RJP).

Saat ini, edukasi soal bagaimana cara melakukan RJP ke masyarakat umum sudah mulai banyak dilakukan oleh para dokter. Pengetahuan ini sangat membantu ketika masyarakat menemukan seseorang yang tiba-tiba roboh dan dicurigai atau dipastikan karena henti jantung.

Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu Penuaan Dini

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Penuaan adalah proses alami yang terjadi seiring pertambahan usia. Meskipun begitu, tanda-tanda penuaan juga bisa muncul pada orang yang masih berusia muda.

Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan penuaan dini atau premature aging. Penuaan dini dapat membuat seseorang memiliki penampilan fisik yang jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

Beberapa Sayuran Berikut Ini Bisa Kurangi Lemak di Perut

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt)

Sekadar mengadopsi pola makan yang sehat dan seimbang tidaklah cukup untuk menghilangkan lemak perut. Faktanya, jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan dampak yang berbeda-beda terhadap proses penurunan berat badan.

Begitu pula dengan sayuran. Pasalnya, mengonsumsi sayuran tertentu dapat memberikan dorongan ekstra dan meningkatkan proses pembakaran lemak. Karenanya, menambahkan sayuran-sayuran tersebut ke menu sehari-hari dapat membantu menghilangkan lemak perut dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

02 July 2024

Pakar: Judi Online Bisa Merusak Otak

Kecanduan judi online nyata adanya. Apa yang terjadi di otak sama persis dengan kecanduan narkoba atau adiksi lainnya. Foto ilustrasi: Freepik/kjpargeter

Desakan masyarakat agar pemerintah memberantas habis judi online kian lantang terdengar. Sebabnya, judi online memang sudah meresahkan. Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto sekitar 4 juta orang yang terdeteksi melakukan judi online di Indonesia.

Dihubungi detikINET, dr Hari Nugroho dari Green Crescent Indonesia menjelaskan bahwa adiksi judi online sama halnya dengan adiksi yang lain, baik itu kecanduan narkoba maupun adiksi perilaku (kecanduan games, gadget, atau pornografi). Proses di otaknya sama, kecanduan judi online mempengaruhi jalur 'reward' seseorang.

Gol Bunuh Diri di Euro 2024 Capai Sembilan Orang

Gol bunuh diri bertambah lagi di Euro 2024 (Getty Images/Jonathan Moscrop)

Gol bunuh diri masih menguasai Euro 2024. Gol bunuh diri Jan Vertonghen menambah panjang deret pemain yang kini mencapai sembilan orang!

Vertonghen membelokkan sepakan Randal Kolo Muani saat Belgia bertemu Prancis di Babak 16 Besar Euro 2024, Senin (1/7/2024) malam WIB, sehingga mengecoh Koen Casteelen.

Belgia Tersingkir dari Euro 2024, Lukaku Pulang Tanpa Cetak Gol

Lukaku gagal menyumbang gol untuk Belgia di Euro 2024. Foto: Photonews via Getty Images/Photonews

Belgia harus angkat koper dari Euro 2024 usai disingkirkan Prancis di babak 16 besar. Makin pedih bagi Romelu Lukaku karena ia gagal menyumbang gol bagi De Rode Duivels sepanjang turnamen.

Sebagai pencetak gol terbanyak Belgia sepanjang sejarah dengan 85 gol, Lukaku sejatinya dipercaya sebagai ujung tombak utama oleh pelatih Domenico Tedesco. Ia pun selalu tampil penuh di empat laga.

Penampilan Timnas Inggris Masih Mengecewakan, Saat Menebusnya di Perempatfinal

Saatnya Inggris mengaum di perempatfinal Euro 2024. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

John Stones tahu performa Inggris masih mengecewakan di Euro 2024. Oleh karenanya, The Three Lions bertekad membayarnya di laga perempatfinal.

Inggris lolos dari lubang jarum saat menghadapi Slovakia di Babak 16 Besar, Minggu (30/6/2024) malam WIB. Tertinggal karena gol Ivan Schranz di menit ke-26, Inggris menyamakan skor 1-1 di pengujung waktu normal lewat gol salto Jude Bellingham.

Zhang Zhi Jie Meninggal karena Henti Jantung, Kondisi Apa Itu?

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/master1305

Pebulutangkis China, Zhang Zhi Jie, kolaps saat bermain di Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2024 di GOR Among Rogo Jogja, Minggu (30/6/2024) malam. Dari hasil pemeriksaan, ia dinyatakan mengalami henti jantung.

Kabid Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy, mengungkap Zhang Zhi Jie dibawa ke RSPAU Dr S Hardjolukito. Ia sempat mendapatkan prosedur medis resusitasi jantung paru.

Pebulutangkis China Meninggal, Ini Kata Dokter Terkait Waktu Kritis Henti Jantung

Zhang Zhi Jie meninggal dunia diduga henti jantung. (Foto: Badminton Asia)

Meninggalnya pemain bulu tangkis muda China, Zhang Zhi Jie menuai banyak respons warganet. Salah satu hal yang paling disorot adalah tim medis dinilai tidak bergerak cepat menangani Zhang Zhi Jie saat jatuh kolaps.

Beberapa netizen menyoroti lamanya waktu masuk tim medis ke lapangan saat posisi Zhang Zhi Jie sudah terjatuh dan kejang. Butuh waktu 45 detik sampai akhirnya Zhang Zhi Jie ditangani, dan dua menit setelahnya dibawa memakai tandu untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

Stok Darah Masih Impor, Padahal Indonesia Populasi Terbanyak ke-4 Dunia

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Andhika Prasetia)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku malu lebih dari 50 persen bahan baku obat berbasis plasma darah di Indonesia adalah impor. Bukan hanya itu, stok darah dari kebutuhan 5,2 juta kantong di Indonesia, baru bisa terpenuhi 4,2 juta.

"Padahal Indonesia itu dari populasi keempat terbesar di dunia, ada 280 juta orang," beber Menkes saat ditemui di agenda Pemberian Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik di Unit Pelayanan Darah (UPD) RS Fatmawati, Senin (1/7/2024).

Pebulutangkis China Meninggal, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Foto: Badminton Asia

Media sosial diramaikan soal meninggalnya salah satu atlet badminton muda bernama Zhang Zhi Jie asal China yang tiba-tiba roboh di lapangan. Kejadian ini terjadi ketika Zhi Jie berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2024 di Yogyakarta, Indonesia.

Insiden tersebut terjadi pada Minggu (30/6) pada laga ketiga yang mempertemukan wakil China dan Jepang. Berlangsung di GOR Among Raga, Zhie Jie tiba-tiba saja roboh dan mengalami kejang.

Ini Pemicunya Bila Perut Terasa Mulas dan Ingin Buang Air Besar Usai Minum Kopi

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Kopi adalah salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Bahkan, minum kopi kerap menjadi bagian dari keseharian yang tidak bisa terlewatkan.

Ada banyak alasan mengapa orang minum kopi. Selain karena rasa dan aroma yang khas, kopi juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat kopi yang paling dicari adalah untuk menambah energi dan meningkatkan fokus.

Cuaca Panas Berisiko Picu Batu Ginjal? Ini Kata Pakar

Ilustrasi ginjal (Foto: Getty Images/pepifoto)

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat memengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih.

Seringkali, batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, diet, kelebihan berat badan, beberapa kondisi medis, dan suplemen serta obat- obatan tertentu merupakan penyebab batu ginjal.